Wanita di Arab Saudi Akhirnya Boleh Jadi Suporter

0
Momen berharga ketika penonton wanita diperbolehkan menonton pertandingan sepakbola. FOTO: Official Al Ahli.

ARAB SAUDI – Stadion olahraga di Arab Saudi akhirnya bisa dimasuki oleh wanita untuk menghadiri pertandingan sepak bola. Kajadian berharga ini terjadi pada Jumat (12/1) kemarin, setelah sebelumnya memang sudah diumumkan oleh pemerintah Arab Saudi.

Sebuah laga Liga Pro Saudi menjadi saksi sejarah setelah dihapusnya larangan bagi kaum wanita untuk datang langsung ke stadion sepakbola.

Dan laga Liga Pro Saudi antara Al Ahli dan Al Batin yang digelar di King Abdullah Stadium, Jedda pada Jumat (12/1) menjadi tonggak sejarah baru dengan menjadi partai pertama yang dihadiri langsung oleh fans wanita.

“Semua keluarga (termasuk kaum wanita) akan menghadiri sebuah pertandingan di stadion untuk pertama kalinya. Mereka sudah tiba sekarang untuk mendukung Al-Ahli, kami benar-benar seperti sebuah satu keluarga,” uangkapan di akun klub Al Ahli (@AllAHLI_FCEN)

Tiga stadion utama Arab Saudi, King Abdullah Stadium serta King Fahd Stadium di Riyadh dan Prince Mohammed bin Fahd Stadium di Dammam, sudah sejak lama menjadi area terlarang atau tabu untuk dikunjungi oleh kaum wanita.

Keputusan untuk memberikan izin kepada suporter wanita tersebut menjadi bagian dari reformasi yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi, yang secara umum sebelumnya juga memberi lampu hijau bagi kaum Hawa untuk berkendara pada Juni lalu.

Jumlah penonton sepakbola yang hadir langsung di stadion telah mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir dan langkah bersejarah ini diharapkan bisa memperbaiki catatan negatif tersebut.

Setelah momen ini, rencananya hal serupa akan digelar di pertandingan kedua pada 18 Januari 2018 nanti, dan pekan-pekan selanjutnya.

Pertandingan pertama akan digelar dilangsungkan di Riyadh, yang kedua diadakan di Jeddah, dan yang ketiga di Wilayah Timur, Dammam.

Pada bulan Oktober tahun lalu, General Sports Authority (GSA) mengeluarkan keputusan bahwa pada awal 2018, tiga stadion yang masih memiliki fasilitas untuk penonton laki-laki, akan siap untuk bisa menampung suporter dari keluarga, termasuk wanita di dalamnya.

Hal ini disampaikaan oleh Center for International Communication, sebagai inisiatif dari Kementerian Kebudayaan dan Informasi. Ketiga stadion yang siap menampung suporter wanita tersebut adalah; King Fahd International Stadium di Riyadh, King Abdullah Sports City di Jeddah, dan Stadion Prince Mohammed Bin Fahd di Dammam.

Pada bulan September tahun lalu, untuk pertama kalinya ratusan wanita diizinkan memasuki stadion olahraga di Riyadh yang biasa digunakan sebagai tempat pertandingan sepak bola, dalam rangka perayaan Hari Nasional Arab Saudi.

Jaladwara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here