Bukan Real Madrid, Klub Ini yang Paling Banyak Meraup Laba

0
Ruang ganti tim AS Monaco. FOTO: Official AS Monaco

Sebuah laporan yang dikeluarkan CIES Football Observatory menyebutkan mengenai kondisi keseimbangan keuangan beberapa klub di Eropa. Real Madrid menjadi salah satu dari enam klub yang memiliki kondisi keuangan menguntungkan.

CIES Footballa Factory menyebutkan laporan yang mereka buat itu berdasarkan keluar masuknya transfer pemain dalam dua jendela transfer terakhir. Dari data yang dihimpun, Monaco menjadi klub yang paling menguntungkan.

Melansir dari Marca (8/2/2018), Monaco mendapatkan keuntungan 286 juta Euro dalam bursa transfer pemain. Dengan rincian, menghabiskan duit 130 juta Euro tetapi mendapatkan 416 juta Euro dari penjualan pemainnya.

Sementara itu Real Madrid berada di peringkat keenam dengan nilai keutungan 47 juta Euro. Klub asal Spanyol lain yang mendapatkan keuntungan adalah Athletic Bilbao (30 juta Euro), Real Sociedad dan Malaga (kurang lebih 23 juta Euro)

Sementara itu Barcelona justru menjadi klub yang kurang menguntungkan untuk sisi pendapatan. Pasalnya mereka harus mengeluarkan duit 414 juta Euro untuk membeli pemain. Tapi Blaugrana hanya mendapatkan 244 juta Euro dari penjualan pemain.

Paris Saint Germain (PSG) menjadi klub yang menduduki peringkat pertama untuk urusan klub kurang menguntungkan dari sisi jual beli pemain. Mereka mengeluarkan duit 418 juta Euro sedangkan uang yang masuk dari penjualan pemain adalah sekitar 107 juta Euro.

Di bawah PSG ada Manchester City, Manchester United, AC Milan, Barcelona. Sementara Chelsea ada di peringkat keenam untuk urusan keseimbangan keuangan dari jendela transfer musim panas dan musim dingin yang terakhir.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here