Cesc Fabregas meminta  pelatih Chelsea Antonio Conte untuk bermain bertahan saat melawan Barcelona pada leg 2 babak 16 besar Liga Champions Menurutnya skema bertahan 90 menit bisa menjadi bunuh diri.

Chelsea bermain imbang 1-1 dalam leg 1 babak 16 Besar Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu (21/2/2018). Conte memilih menerapkan strategi bertahan berkelas. Maklum ia paham benar jika penguasaan bola dari Barca tak akan bisa ditandingi Chelsea. Oleh sebab itu  mereka  mengandalkan serangan balik dan kecepatan dari Hazard, Willian dan Pedro.

Melihat catatan ESPN,  Barcelona mencatat 73 persen penguasaan bola. Mereka berhasil melepaskan 11 tembakan dengan dua di antaranya on target. Sementara Chelsea yang hanya memiliki penguasaan bola 23 persen bisa melespaskan tembakan tujuh dengan dua di antaranya mengenai sasaran.

Terbukti taktik Conte ini ampuh. Willian membuah Chelsea unggul di menit ke-62. Barcelona sepertinya sedang dilindungi dewi fortuna. Jika saja dua tendangan Willian tidak mengenai gawang di babak pertama, Chelsea pasti bisa menang.

Akan tetapi Chelsea gagal mempertahankan keunggulannya. Messi mencetak gol lewat umpan yang diberikan oleh Iniesta pada menit 75. Gol ini sebenarnya merupakan kesalahan lini belakang Chelsea.

Andreas Christensen tidak melakukan operan yang sempurna. Operan ini malah dicuri oleh Iniesta. Azpilicueta gagal membendung Iniesta. Dan Iniesta pun mengarahkan umpan pada Messi lalu menjebloskan bola ke gawang.

Mantan pemain Barcelona, Cesc Fabregas merasa Chelsea tidak akan memiliki harapan untuk maju ke babak 8 Besar jika mereka pergi ke Camp Nou dan berusaha untuk bermain bertahan. Ia meminta timnya untuk menyerang. Apalagi Barcelona memiliki keuntungan gol tandang. Praktis Chelsea pun harus membuat gol saat bermain di Camp Nou pada Rabu (14/3/2018).

“Sembilan puluh menit bertahan bisa ada 90 menit yang panjang. Anda harus pergi ke sana untuk menyerang mereka. Kita harus merasa kita bisa menyakiti mereka. Sembilan puluh menit bertahan adalah misi bunuh diri, jadi kita harus bermain dengan karakter, “ jelas dia.

Mengomentari hasil imbang lawan Barca, Fabregas mengatakan bahwa timnya bermain dengan baik. Ia secara khusus memberikan pujian pada Willian.

“Saya benar-benar berpikir kami sangat baik, memiliki rencana permainan dan benar-benar melakukannya dengan sangat baik.Mereka memiliki beberapa peluang, salah satu tim terbaik di dunia, tapi kami kompak dan solid. Willian pasti memiliki hat-trick di lain hari – penampilan fantastis, “ kata dia mengutip dari Soccerway.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here