Aturan Baru Liga Champions, Ada Perubahan Jam Tayang dan Jumlah Pemain Pengganti

0
Logo Liga Champions. Foto: UEFA

UEFA mengumumkan perubahan peraturan kompetisi untuk musim 2018/2019. Aturan ini mencakup pembatasan dalam pendaftaran pemain baru, pergantian pemain cadangan dan waktu kick off pertandingan.

Pertandingan play off, babak 16 Besar, perempatfinal, semifinal dan final akan berlangusng pada pukul 17.55 waktu Inggris (00.55 WIB) dan pukul 20.00 waktu Inggris (pukul 03.00 WIB). Sedangkan penyisihan grup berlangsung pada Selasa dan Rabu pada pukul 17.55 waktu Inggris atau pukul 00.55 WIB . Kemudian pertandingan terakhir akan dimainkan secara bersamaan.

Mengutip Soccerway, jam dimulainya pertandingan di Liga Europa juga berubah. Pada laga fase grup dan gugur akan dimulai dalam waktu yang sama pukul 17.55 waktu Inggris (pukul 00.55 WIB) dan 20.00 waktu Inggris (pukul 03.00 WIB)

Perubahan lainnya adalah jumlah pemain cadangan pada final Liga Champions, Liga Europa dan Piala Super Eropa. Klub boleh mengumumkan 23 pemain yang akan dibawa. Artinya klub bisa membawa 12 pemain di bangku cadangan.

Aturan baru juga diterapkan dalam pergantian jumlah pemain. Klub diperbolehkan melakukan pergantian empat pemain di fase knock out. Pergantian hanya berlaku pada babak perpanjangan waktu. Pergantian keempat hanya dilakukan saat perpanjangan waktu.

UEFA juga menerapkan aturan baru terkait pendaftaran pemain baru setelah babak penyisihan grup. Klub diizinkan untuk mendaftarkan tiga pemain baru yang memenuhi syarat “tanpa batasan”.

Aturan ini  akan menghindari situasi di mana pemain-pemain baru yang menjalin kesepakatan dalam bursa transfer musim dingin dilarang bermain dalam satu klub yang sama-sama berkompetisi di UEFA.

Kondisi ini terjadi dengan Philippe Coutinho di Barcelona dan Pierre-Emerick Aubameyang di Arsenal pada 2017/2018. Coutinho yang didapatkan Barcelona di transfer musim dingin dilarang bermain dengan klub asal Catalan ini. Pasalnya Barcelona dan Liverpool sama-sama lolos ke fase knockout. Hal serupa dialami Aubameyang yang tidak bisa bermain dengan Arsenal di Liga Europa.

Manajer Arsenal Arsene Wenger, pasti akan menyambut aturan baru ini. Baru-baru ini ia  mengkritik fakta bahwa Aubameyang tidak bisa bermain di Liga Europa. Pasalnya klub Borussia Dortmund harus turun kasta bermain di kompetisi Liga Europa setelah menempati posisi ketiga dalam fase grup Liga Champions.

“Saya percaya bahwa semua klub setuju sekarang peraturan ini harus menghilang di Eropa. Ketika Anda melihat jumlah transfer yang Anda belanjakan sekarang, Anda harus menghabiskan 50 juta, 60 juta, 70 juta di tengah musim, bahwa pemain tidak bisa bermain itu tidak masuk akal,” katanya menjelang leg pertama-32 terakhir melawan Ostersunds.

Sebelumnya UEFA juga mengumumkan tambahan kuota peserta yang langsung lolos ke putaran fase grup Liga Champions dan Liga Europa. Liga Champions musim depan akan ada 26 tim yang lolos  langsung ke fase grup. Sebelumnya ad 22 tim yang langsung lolos ke Liga Champions

Sebanyak 16 tim dari 26 tim ini berasal dari empat klub masing-masing liga di Eropa yang memiliki koefisien tertinggi. Keempat liga itu adalah Liga Inggris, Jerman, Spanyol dan Italia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here