Fakta Penting di Balik Kelolosan Roma ke 8 Besar Liga Champions

0
Pemain AS Roma, Edin Dzeko melakukan selebrasi. Foto: Twitter AS Roma

AS Roma lolos ke perempatfinal Liga Champions setelah mengalahkan Shakhtar Donetsk pada leg 2 babak 16 Besar di Olimpico. Kelolosan AS Roma ditentukan oleh gol tandang AS Roma saat mereka melawat ke kandang Shakhtar pada leg 1 babak 16 Besar dua pekan lalu.

Menjamu Shakhtar, Rabu (14/3/2018), AS Roma membawa misi kemenangan. Mengingat pada leg 1 dua pekan lalu, AS Roma menelan kekalahan 1-2.  Pada laga kali ini, Shakhtar enggan bermain bertahan. Mereka bisa mengimbangi permainan impresif dari AS Roma.

Gol yang ditunggu-tunggu AS Roma pun datang pada menit 52. Edin Dzeko yang lolos dari perangkap offside tim tamu berhasil mencetak gol. Usaha Shakhtar untuk menyamakan gol mendapat pukulan pada menit 79. Bek Ivan Ordets dikartu merah karena melakukan pelanggaran pada Edin Dzeko.

Unggul jumlah pemain, AS Roma juga tak bisa menambah gol. Hingga peluit akhir berbunyi tak ada gol tambahan. AS Roma pun kembali bisa merasakan perempatfinal Liga Champions.

Setidaknya butuh sembilan edisi Liga Champions bagi AS Roma untuk kembali bisa merasakan perempatfinal. Tim berjuluk Serigala ini terakhir kali lolos perempatfinal pada Liga Champions musim 2007/2008.

Selain fakta kembalinya AS Roma ke perempatfinal Liga Champions, ada fakta lain mengiringi kemenangan tim besutan Eusebio Di Francesco ini. Berikut fakat-fakta itu seperti dikumpulkan Opta

Fakta Kunci AS Roma vs Shakhtar Donetsk:

– Roma telah mencapai babak perempat final Liga Champions untuk ketiga kalinya dalam sejarah klub dan untuk pertama kalinya sejak 2007/2008.

– Ini adalah pertama kalinya Roma maju dari pertandingan knock out dimana mereka kehilangan leg pertama; mengakhiri lima kekalahan knockout secara berturut-turut.

– Roma berhasil clean sheet di masing-masing dari empat pertandingan kandang terakhir Liga Champions mereka, memenangkan tiga pertandingan terakhir (menang 3, imbang 1).

– Shakhtar Donetsk sudah tujuh kali menelan kekalahan dari delapan laga terakhir mereka di knock out Liga Champions (menang 1 dan kalah 7).

– Shakhtar Donetsk gagal mencetak satu tembakan ke sasaran melawan Roma dalam pertandingan ini.

– Kartu merah Iven Ordets adalah  kartu merah kedua Shakhtar  yang diterima dalam kompetisi musim ini

– Edin Dzeko terlibat dalam 55 persen dari 11 gol yang dicetak AS Roma di  Liga Champions musim ini (4 gol, 2 assist).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here