La Liga Terapkan VAR Mulai Musim 2018/2019

0
Pertandingan real Madrid melawan Celta Vigo yang berakhir seri 2-2. Foto: Official Tim Real Madrid.

Penarapan Video Asisstant Referee (VAR) atau video asisten wasit kerap menimbulkan kontroversial. Tapi hal tersebut tak menyurutkan niat La Liga menerapkan VAR. La Liga diatur untuk menggunakan VAR mulai tahun depan.

VAR sudah diterapkan di beberapa liga domestik di Eropa. Liga Italia dan Bundesliga adalah  dua liga yang sudah menggunakan video asisten wasit tersebut. Sedangkan Liga Inggris untuk beberapa kompetisi saja menerapkan VAR, yakni Piala FA.

FIFA tetap berkomitmen untuk menggunakan teknologi di Piala Dunia 2018 di Rusia. La Liga bakal menyusul untuk menggunakan video asistan wasit tersebut.  Dalam sebuah pernyataan, LaLiga menegaskan telah mencapai kesepakatan dengan Royal Spanish Football Federation (RFEF) untuk mengenalkan VAR pada 2018/2019.

Wasit yang baru pensiun Carlos Velasco Carballo dan Carlos Clos Gomez akan memimpin pelatihan untuk petugas pertandingan. Sementara Mediapro akan bertanggung jawab untuk menyediakan teknologi tersebut dengan menggunakan biaya dari La Liga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here