Menang Lawan Jerman, Pelajaran Brasil Tanpa Neymar

0
Philippe Coutinho berebut bola dengan pemain Jerman Ilkay Gundogan. Foto: Official Twitter Timnas German

Brasil menang tipis 1-0 saat lawan Jerman dalam laga uji coba internasional, Rabu (28/3/2018).  Pelatih Brasil, Tite memuji timnya bisa belajar menang tanpa superstar Neymar yang baru menjalani pemulihan cedera.

Brasil mencetak satu-satunya gol kemenangan lewat tandukan Gabriel Jesus. Bagi Brasil, catatan kemenangan ini setidaknya bisa menjadi pelipur lara atas kekalahan empat tahun lalu. Saat itu Brasil dihempaskan oleh Jerman 7-1 di semifinal Piala Dunia. Menyakitkan lagi, kekalahan itu terjadi di depan pendukung Brasil.

Tite, pelatih Brasil melihat kemenangan itu dari sisi lain. Ia menyatakan bahwa kemenangan ini bagus bagi tim Brasil. Terlebih kemenangan ini dibukukan tanpa keberadaan Neymar. Paling tidak pertandingan ini menjadi pelajaran bagus bagi Brasil untuk bermain tanpa Neymar.

Seperti diketahui pemain PSG ini mengalami retak tulang metatarsal pada Februari lalu. Ia kemudian menjalani operasi. Eks pemain Barcelona ini diprediksikan bisa fit saat kompetisi Piala Dunia Rusia dimulai pada pertengahan Juni mendatang.

Sebelum kemenangan lawan Jerman, Brasil juga mencetak hasil positif. Empat hari sebelumnya, Brasil menang 3-0 lawan Rusia.

“Pemain terbaik kami keluar. Tim ini  merindukan Neymar, tetapi kami belajar bermain dan menjadi kuat tanpa dia. Ini semua membantu untuk menghasilkan kekuatan tim, “ jelas Tite dilansir Soccerway.

Brasil boleh jadi menang lawan Jerman. Walau demikian kemenangan ini tidak akan cukup menghilangkan saat sakit dalam kekalahan memalukan Jerrman 7-1 di Piala Dunia 2014 di Brasil.

“Memang benar ada hantu berlama-lama. Saya merasa bahwa beberapa orang bahkan mencoba untuk tidak membicarakannya. Itu hidup. Ini sudah berlalu. Tapi orang-orang tidak akan melupakannya hanya karena kita menang, “ kata Tite.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here