Buffon Termakan Lelucon Tentang Pensiun Seperti Zidane?

0
Aksi kiper Juventus, GIanluigi Buffon. Foto: Official Twitter Juventus

Kiper Gianluigi Buffon diusir setelah mendapatkan kartu merah dalam laga melawan Real Madrid di perempatfinal Liga Champions. Mengingat belum jelasnya kepastian Buffon mengakhiri kariernya, bisa jadi laga kali ini menjadi yang terakhir bagi Buffon.

Malam itu adalah malam yang epik di Bernabeu, Kamis (11/4/2018). Di babak awal, Los Merengues sudah dikejutkan dengan gol cepat Mario Mandzukic. Ia menggandakan gol Juventus pada menit 37. Hingga turun minum, skor masih 2-0. Petaka untuk Real Madrid datang saat menit 61, ketika Blaise Matuidi membuat gol ketiga untuk Juventus. Skor 3-0 untuk Juventus.

Drama terjadi di menit akhir injury time. Real Madrid mendapatkan kado penalti setelah Benatia dianggap melanggar Vazquez di depan gawang. Kubu Juventus pun bereaksi keras atas kado penalti. Kapten Juventus, Gianluigi Buffon menjadi pemain yang melakukan protes keras. Dia kemudian diganjar kartu merah oleh wasit asal Inggris, Michael Oliver pada menit 93.

Diusirnya Buffon, tak ada pilihan lain bagi Bianconeri selain menggantikannya dengan kiper Wojciech Szczesny. Pelatih Juventus, Max Allegri menarik Gonzalo Higuain. Cristiano Ronaldo yang ditunjuk menjadi eksekutor penalty berhasil menaklukkan gawang Szczesny. Skor berakhir 1-3 untuk Juventus. Tapi Real Madrid yang lolos ke semifinal dengan agregat 4-3 (leg 1 Real Madrid menang 3-0).

Berusia 40 tahun, Buffon sempat mengatakan bahwa dirinya mempertimbangkan pensiun di akhir musim. Jika memang Buffon memutuskan pensiun, tentu saja ini merupakan cara yang kejam untuk melepasnya pergi mengakhiri kariernya.

Apa yang dialami Buffon bisa jadi serupa dengan situasi yang dialami Zidane pada Piala Dunia 2006. Zidane menerima kartu merah saat menanduk Marco Materazzi di Piala Dunia 2006. Saat itu Buffon menjadi saksi Italia mengalahkan Perancis lewat adu penalti.

Mengutip Soccerway, Zidane sebelumnya sempat akan memutuskan pensiun di Piala Eropa 2004.  Tapi ia benar-benar meutuskan pensiun usai Piala Dunia 2016 seiring dengan kontraknya bersama Real Madrid berakhir.

“Tentu saja saya punya tujuan, tetapi tidak ada kepastian. Mungkin saya bahkan bisa mengakhiri karir saya dengan kepala seperti Zidane. Saya bisa gila seseorang – siapa tahu. Aku harus mencari jauh di dalam diriku dan mencari tahu apa yang kurasakan. Kamu tidak pernah bisa mengatakan tidak pernah, “ kata Buffon dengan nada melucu yang berbicara tentang topic pensiun kepada Sky Sport Italia pada tahun 2017 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here