Catatan 22 Tahun Wenger di Arsenal: 1.228 Laga, 17 Trofi

0

Jumat (21/4/201) menjadi momen penting bagi Arsenal. Sang manajer, Arsene Wenger menyatakan mengundurkan diri dari The Gunners. Genap 22 tahun sudah sang pelatih yang kerap disebut dengan The Professor ini mengabdi untuk Arsenal.

Melakoni lebih dari dua dekade bersama dengan satu tim bukan hal mudah. Wenger berhasil membuktikan dirinya menjadi seorang manajer yang bertahan dalam jangka waktu lama. Walaupun dalam satu dekade terakhir, ia kerap mendapatkan kritikan dari para suporternya. Lantaran Wenger terakhir kali memberikan trofi mayor Liga Premier pada 2003/2004.

“Setelah mempertimbangkan segalanya dengan matang dan berdiskusi dengan klub, saya pikir ini waktu yang tepat untuk mundur di akhir musim, “ kata Wenger di laman resmi klub.

Wenger adalah seorang revolusioner Arsenal. Ia membantu mengantarkan era baru hiper-profesionalisme Arsenal di Liga Premier.  Wenger adalah Wenger yang memiliki segudang catatan bagus ataupun buruk.

Berikut rekor yang ditulis Wenger selama 22 tahun kepelatihannya bersama Arsenal seperti dikumpulkan Opta yang dikutip dari Soccerway.

1.228 – Wenger telah melakoni lebih dari seribu pertandingan di Arsenal. Jika mereka mencapai final Liga Europa ia akan menyelesaikan 1.236 lagi.

7 – Wenger memiliki tujuh mahkota Piala FA. Itu berarti dia adalah manajer paling sukses dalam kompetisi ini. Dia juga memberikan tujuh trofi Community Shield.

49 – Invincible Arsenal, pada musim 2003/2004 Arsenal berhasil menjadi juara Premier League dengan catatan  tak terkalahkan. Namun mereka akhirnya dikalahkan setelah melalui 49 pertandingan. Arsenal kalah dari rival Manchester United.

17 – Wenger telah memenangkan 17 trofi di Arsenal. Tapi 11 dari mereka datang di dekade pertamanya di klub. Sisanya menang sejak 2006, menunjukkan penurunan Arsenal baru-baru ini.

3 – Semua tiga gelar Liga Premier di bawah Wenger datang dalam delapan tahun pembukaannya di klub (1998, 2002, 2004).Finis di posisi kedua dan keempat adalah hasil akhir yang paling sering, masing-masing mencapai enam kali

228 – Pencetak gol terbanyak The Gunners sepanjang masa, Thierry Henry telah menjadi pemain paling produktif di era Wenger dengan 228 gol di semua kompetisi.

823 – Wenger telah melakoni 823 pertandingan Liga Premier. Wenger adalah manajer paling berpengalaman dalam sejarah divisi. Rival lamanya, Alex Ferguson menjadi manajer yang paling dekat untuk menyamai catatan itu, yaitu 810.

10 – Wenger memiliki rekor 100 persen melawan beberapa klub. Catatan 10 kemenangan dari 10 laga melawan Reading membuat ini menjadi lawan yang paling disukai Wenger.

25 – Bayern Munchen menjadi tim yang sulit dikalahkan Wenger. Prosentase kemenangannya hanya 25 persen ketika melawan Die Roten. Di Liga Premier, rasio kemenangan yang paling rendah adalah saat melawan Manchester United, 30, 5 persen.

8-2 – Kekalahan terburuk Arsene Wenger adalah saat melawat ke kandang Old Trafford dengan skor 8-2 pada Agustus 2011. Margin kemenangan terbesarnya adalah 7-0 saat tiga kali melawan Reading, Middlesbrough dan Sparta Prague.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here