Kata Ronaldo Tentang Penalti Kontroversi yang Bawa Real Madrid ke Semifinal

0
Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi gol. Foto: Official Twitter Real Madrid

Cristiano Ronaldo mengatakan dia tidak mengerti mengapa pemain Juventus termasuk Gianluigi Buffon memprotes begitu keras kado penalti untuk Real Madrid dalam leg 2 perempatfinal Liga Champions, Kamis (12/4/2018) dini hari.  Ronaldo menilai bahwa penalti itu memang pantas diberikan mengingat pelanggaran yang dilakukan Juventus.

Di babak awal, Los Merengues sudah dikejutkan dengan gol cepat Mario Mandzukic. Ia menggandakan gol Juventus pada menit 37. Hingga turun minum, skor masih 2-0. Petaka untuk Real Madrid datang saat menit 61, ketika Blaise Matuidi membuat gol ketiga untuk Juventus. Skor 3-0 untuk Juventus. Praktis dengan tiga gol itu, skor agregat menjadi 3-3. Pada leg 1 di Turin, Real Madrid menang 3-0.

Drama terjadi di menit akhir injury time. Real Madrid mendapatkan kado penalti setelah bek Juventus, Benatia dianggap melanggar Vazquez di depan gawang. Kubu Juventus pun bereaksi keras atas kado penalti untuk Real Madrid ini. Kapten Juventus, Gianluigi Buffon menjadi pemain yang melakukan protes keras. Dia kemudian diganjar kartu merah oleh wasit.

Diusirnya Buffon, tak ada pilihan lain selain menggantikannya dengan kiper Wojciech Szczesny. Pelatih Juventus, Max Allegri menarik Gonzalo Higuain. Cristiano Ronaldo yang ditunjuk menjadi eksekutor penalty berhasil menaklukkan gawang Szczesny.  Skor hingga laga berakhir 1-3 untuk Juventus. Tapi Real Madrid yang lolos semifinal berkat tambahan gol penati kontroversi dengan agregat 4-3.

Gol penalti itu menambah pundi-pundi gol Cristiano Ronaldo di LIga Champions menjadi 120 gol. Selain itu juga berhasil membawa Real Madrid menapakki semifinal dalam delapan edisi terakhir secara berurutan.  Ronaldo sendiri mengaku bingung lantaran protes berlebihan kubu Juventus terkait penalti kontroversi ini.

“Saya tidak mengerti mengapa mereka melakukan protes. Mereka telah mengotori Lucas dari belakang, jika mereka tidak memberikan penalti, itu adalah gol, “ ujar pemain  berkebangsaan Portugal ini kepada beIN Sports.

Saat hendak menjadi eksekutor penalti, Ronaldo mengaku bahwa gol ini sangat menentukan. Tak dimungkiri, ia juga diselimuti jantung berdebar.

“Denyut jantung saya meningkat tetapi saya tenang, saya tahu itu menentukan. Kami telah menderita, kami dapat belajar, permainan ini layak mendapat pelajaran. Dalam sepakbola tidak ada yang diberikan, kami harus berjuang sampai akhir, “ jelas Ronaldo yang juga mendapat kartu kuning dalam laga ini karena merayakan golnya dengan melepas baju.

Rekan setimnya, Lucas Vazquez bersikeras bahwa penalti itu memang tepat diberikan kepada timnya. Ia menjelaskan kronologi dirinya mendapatkan pelanggaran dari bek Juventus, Benatia.

“Cristiano memberikan bola kepada saya dan. Ketika saya akan melakukan finishing di depan gawang, bek tengah datang dari belakang dan mendorong saya. Hari ini kita harus mengambil pelajaran, orang-orang yang rileks membayar untuk itu. Liga Champions tidak memaafkan siapa pun, kita tahu bagaimana menderita sampai akhir dan tujuan itu menempatkan kita di semi-final, “ urainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here