Tersingkir di Liga Champions, Remontada Menghancurkan Barcelona

0
Pemain AS Roma melakukan selebrasi. Foto: Official Twitter AS Roma

AS Roma melakoni sebuah malam yang ajaib dalam Liga Champions edisi kali ini. Mereka berhasil melakukan remontada (pukul balik) untuk Barcelona di leg 2 perempatfinal Liga Champions.

Pada leg 1 di Camp Nou, Roma kalah 1-4 pekan lalu. AS Roma menyebut jika hasil itu tidak merefleksikan penampilan timnya. Mencetak dua gol bunuh diri, belum lagi merasa dicurangi wasit. Kubu Roma menilai setidaknya mereka mendapat dua penalty dalam laga itu.

Kalah dengan defisit gol yang cukup besar, nyata-nyata tak membuat Roma gentar. Pada pertandingan kandang di Olimpico, Edin Dzeko sukses melakukan comeback melawan Barcelona. Situasi ini dulunya pernah dialami Barcelona di babak 16 Besar dalam kompetisi serupa. Jika dulunya menjadi lakon dalam remontada maka untuk kali ini Barcelona harus menerima nasib sebagai korban.

Setahun lalu public tentu masih ingat dengan comeback dramatis Barcelona melawan PSG. Pada leg 1 babak 16 Besar, Paris Saint Germain menang 4-0. Kemudian pada leg 2, Barca sukses memukul PSG dengan skor 6-1. Barca sukses melaju ke perempatfinal Liga Champions edisi 2016/2017.  Walaupun pada akhirnya mereka tersingkir dari Juventus di babak perempatfinal.

Kekalahan itu menorehkan catatan negatif Barca. Langkah tim asal Catalan ini selalu terhenti perempatfinal dalam tiga edisi Liga Champions terakhir. Pada edisi tahun 2015/2016, mereka terhenti di tangan Atletico Madrid. Musim selanjutnya disingkirkan Juventus. Kemudian yang terakhir adalah dikalahkan AS Roma.

Dalam edisi terakhir ini, AS Roma menang karena unggul gol tandang. Pada leg 2, tim berjuluk serigala Ibukota ini menang 3-0. Dengan demikian skor agregatnya 4-4. Tetapi Roma berhak lolos ke semifinal karena mereka memiliki gol tandang Edin Dzeko yang dicetak pekan lalu di Camp Nou.

Sepanjang pertandingan leg 2, Barca memang terlihat tak berkutik. Roma tampil agresif dibandingkan dengan tim asal Catalan ini. Gol pembuka Roma dicetak Edin Dzeko di menit keenam. Hasil 1-0 bertahan hingga turun minum.

Roma memperbesar keunggulan lewat gol penalti Daniele De Rossi menit 58. Penentu kemenangan dicetak Kostas Manola pada menit 82. Menariknya dua nama terakhir ini merupakan pesepakbola yang membuat dua gol bunuh diri pada leg 1 yang berujung kekalahan 1-4 untuk AS Roma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here