10 Fakta Kunci Penentu Final Liga Champions

0

Liverpool melawan Real Madrid dalam final Liga Champions di Kyiv, Minggu (27/5/2018).  Pertandingan final kalini bakal ditentukan hal-hal detail. Jelang laga muncul banyak klaim dan prediksi pertandingan. Terlepas dari hal itu, ada 10 fakta kunci yang bisa menentukan hasil akhir laga. Berikut fakta itu seperti dikutip dari Marca

  1. Cristiano Ronaldo

Real Madrid membutuhkan gol dan kepemimpinan di lapangan.  Cristiano Ronaldo adalah sosok yang tepat. Sejauh ini  Ronaldo telah mencetak 15 gol di Liga Champions musim ini. Striker ini lah yang mencetak dua gol di final tahun lalu. Dia memang tidak mencetak gol di semifinal melawan Bayern Munich, tetapi pemain internasional Portugal itu sangat penting dalam laga-laga besar.

  1. Mohamed Salah

Pemain Liverpool ini sedang dalam bentuk terbaiknya. Ia benar-benar dapat menjadi pesaing Ronaldo dan Messi untuk menggondol Ballon d’Or jika memenangi laga ini. Bersama Roberto Firmino dan Sadio Mane, The Reds memiliki salah satu trisula paling mematikan dengan catatan  29 gol  dalam 14 pertandingan di kompetisi tahun ini.

  1. Penjaga gawang

Keylor Navas telah membuktikan kritik yang dialamatkan untuknya  salah. Ia sukses menahan serangan Bayern Munchen dalam semifinal leg 2. Sementara keraguan masih menyelimuti Loris Karius. “Dia membuat kesalahan dan memiliki kebiasaan melumpuhkan tembakan yang buruk, menciptakan lebih banyak bahaya,” kata mantan bek Liverpool Mark Lawrenson.

  1. Marcelo

Bukan rahasia bahwa bek Marcelo adalah bek yang rajin melakukan serangan. Namun, untuk laga kali ini, Marcelo sepertinya jangan meninggalkan area pertahanan. Pasalnya Salah akan memanfaatkan celah yang dia tinggalkan di belakangnya. Oleh sebab itu pemain Brasil ini tidak akan punya pilihan selain untuk lebih disiplin.

  1. Penguasaan bola

Tak satu pun dari kedua tim ini membutuhkan penguasaan bola yang besar untuk menang. Seperti yang tercermin dalam laga semifinal. Namun, itu akan sangat berharga bagi juara bertahan, yang dapat melindungi diri mereka sendiri saat bermain bola.

  1. Ritme pertandingan

Liverpool akan putus asa untuk mengeksploitasi permainannya dengan mengandalkan kecepatan dan masuk ke belakang lewat area sayap. Toni Kroos, Luka Modric dan Isco akan terlihat mendominasi bola dan menjaga kecepatan.

  1. Gareth Bale

Pemain berkebangsaan Wales ini bisa menjadi senjata rahasia Zinedine Zidane. Itu akan menjadi risiko dengan menurunkan Bale,  tetapi itu bisa membuahkan hasil spektakuler.

  1. Lapar Gelar

Real Madrid memiliki peluang meraig tiga gelar Liga Champions berturut-turut dan empat dalam lima tahun. Tetapi apakah tim sudah puas atau apakah mereka masih memiliki tekad bermain yang kompetitif untuk lebih? Sisi Liverpool jelas begitu lapar untuk mendapatkan trofi inim setelah 13 tahun tanpa trofi Liga Champions. Sayangnya mereka tidak memiliki pengalaman di final dalam satu dekade terakhir.

  1. Jurgen Klopp

Pelatih Liverpool adalah salah satu yang terbaik di dunia dan itu hanya lima tahun sejak dirinya masih bersama Borussia Dortmund dipermalukan Jose Mourinho Real Madrid dengan kemenangan 4-1. Hanya sedikit orang yang bisa mengeksploitasi kelemahan Real Madrid seperti yang dimiliki Klopp.

  1. Wasit

Wasit  Milorad Mazic akan memimpin pertandingan terbesar dalam kariernya. Tekanan untuknya akan terus berlanjut, terutama mengingat kontroversi lain dalam kompetisi musim ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here