Kesuksesan Jepang di 16 Besar Bukan Semata Keberuntungan

0
Bintang Jepang Yuto Nagatomo di Piala Dunia 2018. Foto: Official FIFA

Tidak banyak sebuah kekalahan yang akhirnya berakhir dengan sebuah perayaan, tetapi Jepang sudha melakukannya di Piala Dunia 2018. kalah tipis 0-1 dari polandia, belum lama ini, Jepang malah sukses melaju ke babak 16 besar.

Dari sisi catatan akhir, Jepang meraih poin empat dari hasil sekali menang, sekali kalah, dan sekali kalah. Catatan ini kalah dari

kolombia yang ada diposisi puncak grup H dengan aihan enam poin dari hasil dua kali menang dan sekali kalah.

Bicara poin, dan hasil menang-seri dan kalah, Jepang dan Senegal ternyata memiliki hasil yang serupa. bahkan kedua tim bermain imbang 2-2 saat bertemu di Piala Dunia.

FIFA akhirnya memutuskan jepang yang berhak ada di posisi runner up Grup H dan menuju 16 besar, lantaran mereka meraih fair play point

Bintang Jepang Yuto Nagatomo, mengaku sangat gembira mendengarnya.

“Tiga tim lainnya dalam grup memiliki kualitas lebih dari kami dan setiap pertandingan sulit. Hasil (kualifikasi) adalah sesuatu yang bisa kami banggakan,” kata Nagatomo yang dilansir dari situs resmi FIFA.

Catatan ini seperti mengobati luka di Brasil 2014 silam. Kala itu Jepang gagal lolos dari fase grup, setelah hanya bisa meraih hasil sekali imbang dan dua kali kalah.

“Kami mengakui apa yang kami miliki sekarang, dan kami telah bermain dengan sangat gigih. Kami telah berjalan bersama sampai akhir pertandingan, dan persauan di tim itulah kekuatan kami. Itu mungkin alasan mengapa kami bisa melewati hingga sampai di babak ini,” terangnya.

Di babak 16 besar nanti, Jepang akan menghadapi Belgia, yang di peringkat FIFA ada di posisi ketiga, dibawah Jerman dan Brasil. Jepang sendiri malah ada di peringkat ke-16.

“Ini pasti akan menjadi pertandingan yang sulit. Belgia adalah tim yang lebih baik dari kami.  Namun, Jepang bisa bermain dengan percaya diri. Kami tidak akan rugi,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here