Meksiko Lanjutkan Catatan Buruk Sang Juara Bertahan

0
Lazano saat merayakan golnya ke gawang Jerman pada pertandingan Piala Dunia di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (17/6/2018) malam WIB. Foto : Facebook FIFA World Cup

Meksiko membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman 1-0 dalam Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (17/6/2018) malam WIB. Gol tunggal kemenangan Meksiko dicetak Rodrigo Lazano menit 35.

Jerman sejatinya sudah tampil dengan kekuatan penuh. Termasuk Mesut Oezil dan Manuel Neuer yang sempat diragukan kondisinya. Sepanjang pertandingan, Jerman menguasai permainan.

Menurut Soccerway, Jerman mencatatkan penguasaan bola 67 persen. Ada 17 tembakan, dimana sembilan di antaranya mengarah ke gawang. Lalu juga delapan sepak pojok. Namun statistik itu tak mampu mengimbangi Meksiko yang mengandalkan serangan balik.

Gol Lazano tercipta lewat serangan balik yang dikreatori mantan penggawa Manchester United, Javier “Chicharito” Hernandez. Lazano yang mendapat umpan Chicharito sempat mengecoh satu bek Jerman, sebelum melepaskan sepakan keras yang gagal dibendung Neuer.

Kemenangan Meksiko mempertegas catatan buruk sang juara bertahan empat tahunan ini. Sebelum Jerman, Italia sebagai juara 2006 dan Spanyol sebagai juara 2010 juga mengalami nasib sama pada edisi berikutnya.

Pada laga perdana, Italia pada 15 Juni 2010 lalu secara mengejutkan ditahan imbang Paraguay 1-1 di Stadion Cape Town, Afrika Selatan. Italia pada akhirnya gagal lolos ke fase berikutnya setelah menghuni dasar klasemen grup F.

Nasib lebih parah dialami Spanyol pada pembuka Piala Dunia 2014. Mereka dihajar Belanda 1-5 pada 14 Juni 2014 di Stadion Fonte Nova Brazil.

Spanyol akhirnya juga gagal melewati fase grup karena hanya mengumpulkan tiga poin, atau kalah dari Belanda dengan sembilan poin dan Chile dengan enam poin.

Menarik untuk ditunggu kiprah Jerman sebagai juara bertahan. Jerman akan melawan Swedia pada Minggu (24/6/2018) dini hari dan Korea Selatan pada Rabu (27/6/2018) malam WIB.

Meski Italia dan Spanyol bernasib buruk, setidaknya Jerman bisa terinspirasi Brazil pada Piala Dunia 2006. Sebagai sang juara bertahan, Brazil kala itu malah lolos sebagai pemuncak klasemen dengan hasil sempurna di fase grup.

Kala itu Brazil terhenti di babak 8 besar, setelah dikalahkan Perancis 0-1 dalam pertandingan di Frankfurt, 1 Juli 2006. Gol tunggal kemenangan Perancis dicetak Thierry Henry menit 57.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here