Prancis Jegal Italia di Allianz Riviera 3-1

0
skuad Timnas Prancis di Piala Dunia 2018. Foto: Instagram Antoine Griezmann

PRANCIS – Timnas Prancis memetik kemenangan atas Italia dalam sebuah laga uji coba menjelang berlaga di Piala Dunia 2018. Les Bleus menundukkan Azzurri dengan skor meyakinkan 3-1 di Allianz Riviera, Nice, Sabtu (2/6/2018) dini hari WIB.

Kedua tim yang sama-sama menggunakan formasi 4-3-3 bermain ofensif sejak awal. Baik Italia maupun Prancis menarik garis pertahannya tinggi dan menekan untuk memaksa lawan berbuat kesalahan. Kedua tim juga melihat celah untuk mencetak gol dari serangan balik.

Prancis sudah unggul pada menit kedelapan lewat Umtiti. Berawal dari operan Benjamin Pavard di sisi kiri luar kotak penalti Italia ke tiang jauh, Kylian Mbappe dengan gesit menyambutnya dengan tendangan first time.

Kiper Italia, Salvatore Sirigu, berhasil menyelamatkan gawangnya dari kebobolan dengan menutup ruang tembak Mbappe. Tapi bola bergerak ke depan gawang yang sudah ditinggalkan Sirigu. Umtiti yang melihat peluang dengan cepat menyambarnya untuk mencetak gol.

Prancis menggandakan keunggulan pada menit ke-29 lewat penalti Antoine Griezman. Penalti didapat setelah Lucas Hernandez dinilai wasit Anthony Taylor dijatuhkan saat berakselerasi di kotak penalti Italia memaksimalkan serangan balik. Sirigu berhasil menebak arah bola dan melompat ke kiri, tapi tetap tak berhasil menghentikan si kulit bundar menggetarkan jala gawangnya.

Tujuh menenit berselang, Italia memperkecil ketertinggalan lewat Leonardo Bonucci. Kapten AC Milan ini menyambut bola rebound tepisan kiper Hugo Lloris dari tendangan bebas keras Mario Balotelli di luar kotak penalti.

Balotelli sebelumnya terlihat dijatuhkan di dalam kotak penalti, tapi wasit Taylor menilai pelanggaran terjadi sedikit di luar kotak 16. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

di babak kedua, setelah beberapa peluang Prancis tak bisa dimaksimalkan, Dembele akhirnya mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-63. Kembali lewat serangan balik, Mbappe berusaha menusuk ke depan gawang Italia.

Bola berhasil dihalau satu bek Azzurri, tapi mengarah ke Dembele yang berada di sisi kanan pertahanan Italia. Ia melepas tendangan melengkung yang membuat bola melewati jangkauan Sirigu tapi kemudian menukik untuk menjebol gawang Italia.

Skor 3-1 untuk Les Bleus ternyata bertahan hingga akhir laga.

Susunan pemain:

Prancis (4-3-3)

Lloris; Pavard, Rami, Umtiti, Lucas Hernandez (Mendy 62′); Tolisso (Matuidi 77′), Kanté, Pogba (N’Zonzi 86′); Griezmann (Giroud 77′), Mbappé (Thauvin 83′), Dembélé (Lemar 71′)

Pelatih: Didier Deschamps

Italia (4-3-3)

Sirigu; D’Ambrosio (Florenzi 74′), Bonucci, Caldara, De Sciglio; Pellegrini (Cristante 65′), Jorginho (Bonaventura 78′), Mandragora; Berardi (Insigne 74′), Balotelli (Belotti (86′), Chiesa (Zappacosta 88′)

Pelatih: Roberto Mancini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here