Rusia Bungkam Kritik dengan Lima Gol

0
Pemain Rusia, Denis Cheryshev saat merayakan gol ke gawang Arab Saudi dalam pembuka Piala Dunia Rusia di Luzhniki, Kamis (14/6/2018) malam WIB. Foto : Facebook FIFA World Cup

Rusia mengawali Piala Dunia 2018 dengan gemilang. Yuri Zhirkov dan kawan-kawan melibas Arab Saudi 5-0 dalam pertandingan di Luzhniki, Kamis (14/6/2018) malam WIB.

Lima gol kemenangan tuan rumah dicetak Denis Cheryshev menit 43 dan 91, Yuri Gazinskiy menit 12, Artem Dzyuba menit 71 serta Aleksandr Golovin menit 94.

Bila bicara awal permainan, tak ada yang menyangka Rusia akan pesta gol. Arab Saudi memulai laga dengan baik. Rusia dibuat kesulitan mendapat peluang. Sebaliknya para penggawa Arab Saudi dengan kelincahannya bisa merepotkan barisan belakang Rusia.

Gol cepat Gazinskiy menit 12 akhirnya mengubah segalanya. Gol itu tercipta setelah umpan silang Aleksandr Golovin disambut sundulan Gazinskiy ke pojok kanan gawang Arab Saudi.

Gol itu seketika melambungkan percaya diri Rusia. Sementara Arab Saudi yang awalnya bermain bagus justru mulai tertekan. Sederet tekanan pun terus dilancarkan.

Sayangnya, pada menit 24, Rusia harus kehilangan Alan Dzagoev yang cedera hamstring. Posisinya kemudian digantikan Denis Cheryshev. Masuknya pemain nomor punggung 6 itu justru membuat Rusia lebih tajam.

Cheryshev sukses menggandakan keunggulan Rusia menit 43. Dengan tenang, pemain Villareal itu melepaskan sepakan keras jarak dekat, setelah mengelabuhi pemain belakang Arab Saudi.

Rusia seolah belum puas dengan keunggulan dua gol. Golovin lagi-lagi jadi kreator terciptanya gol tersebut. Umpan matangnya sukses disundul Dzyuba untuk membawa Rusia unggul 3-0 menit 71.

Cheryshev melengkapi penampilan gemilangnya lewat sepakan keras yang lagi-lagi menjebol gawang Abdullah Al Muaiouf untuk kali kedua.

Saat laga tampak akan selesai dengan skor 4-0, Golovin akhirnya ikut membukukan gol. Tendangan bebasnya ke pojok kiri gawang Arab Saudi tak bisa diantisipasi Abdullah. Laga pun berakhir dengan skor 5-0.

Kemenangan dihadapan 78.011 penonton ini menjadi jawaban atas keraguan skuad besutan Stanislav Cherchesov. Dalam tujuh laga sebelumnya, Rusia gagal meraih kemenangan.

Enam laga di antaranya bahkan berlangsung di hadapan pendukungnya sendiri. Mereka bermain imbang saat melawan Turki (1-1), Spanyol (3-3) dan Iran (1-1). Lalu dikalahkan Austria (0-1), Perancis (1-3), Brazil (0-3) dan Argentina (0-1).

Mesir akan menjadi lawan berikutnya pada Rabu (20/6/2018) dini hari WIB. Di atas kertas, kualitas Mohamed Salah dan kawan-kawan jelas di atas Arab Saudi.

Namun kemenangan lima gol ini tentu akan meningkatkan semangat bertanding para pemain. Apalagi kini mereka bisa mengembalikan kepercayaan dari para penggemarnya, berkat kemenangan fantastis atas Arab Saudi.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here