Timnas Singapura Absen di Asian Games 2018

0
Timnas Singapura saat beruji coba melawan Myanmar. Foto: Official FAS Singapura

Untuk pertama kalinya sejak Asian Games 2002 di Busan, Tim sepakbola Singapura U-23 dipastikan absen di ajang Asian Games di Indonesia. Keputusan ini sudah diumumkan oleh Komite Olimpiade Singapura (SNOC).

“Ini adalah keputusan yang tidak dapat kami kendalikan, dan kami memahami bahwa hasil akhir kami belum bagus. Jadi kami menghormati keputusan mereka,” terang Pelatih Timnas Singapura, Fandi Ahmad yang dilansir dari The Straits Times.

Hasil buruk Timnas Singapura jelang Asian GAmes memang cukup mengecewakan federasi mereka. Dalam uji coba dengan negara tetangga Singapura tak pernah menang.

Mulai dari kalah dari Indonesis 0-3 Maret lalu, hingga belum lama ini dipecundangi Myanmar U-23 dengan skor 0-2 di Bisham Stadium.

Bahkan Singapura juga gagal memenuhi harapan di Trofi Hassanal Bolkiah Mei lalu di Brunei Darussalam. Walau sempat menang telak dari 5-1 atas Laos, Singapura gagal ke fase berikutnya kanera kalah dari Kamboja 0-1, dan Timor Leste 1-2

“Sepak bola adalah satu-satunya olahraga di Asian Games dengan batasan usia. Ini adalah turnamen U-23 dan itu adalah situasi yang sulit bagi kami. Semoga mereka (SNOC) mau memberi kesempatan kami di lain waktu, dengan kriteria pemain yang berbeda tentunya,” ucap Legenda Niac Mitra di era Galatama tersebut.

Tim ini sejatinya adalah tim lama, yang sebagain besar terjun di ajang SEA Games di Malaysia tahun lalu, hingga Olimpiade 2015 silam.

“Sepak bola tidak memenuhi target kami, sesederhana itulah (jawabannya),” terang Sekretaris Jenderal SNOC, Chris Chan

Meskipun mengecewakan, Fandi mengatakan dia ingin fokus kemasa depan, yang termasuk mempersiapkan langkah jangka panjang untuk Timnas Singapura di ajang SEA Games 2019 di Filipina.

“Kami berharap untuk mendapatkan tim yang baik dengan banyak pertandingan internasional yang masuk di agenda FIFA, itu baik sehingga mereka (pemain) mendapat kesempatan bermain, karena kami hanya terkendala jam terbang saja,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here