Pembelaan Presiden Turki Terhadap Mesut Ozil

0
Mezut Ozil saat dimainkan Arsenal. FOTO: Official Arsenal.

Presiden Turki, Tayyip Erdogan, mengutuk aksi rasial yang dilakukan oleh sejumlah pihak terhadap Mesut Ozil. Ia menilai, Ozil telah mendapat perlakuan tak adil.

Ozil baru saja memutuskan pensiun Timnas Jerman setelah tidak tahan dengan tindakan rasial yang diterimanya selepas Piala Dunia 2018. Ia menjadi sasaran kritik media-media di Jerman setelah berfoto bersama Erdogan

Foto tersebut kemudian dijadikan media untuk melampiaskan kekesalan terhadap Ozil yang dianggap tidak nasionalis. Menurut Erdogan, Ozil tak layak mendapat perlakuan itu karena sudah memberikan segalanya bersama Timnas Jerman.

“Tadi malam, saya sudah berbicara dengan Mesut Ozil. Sikapnya dalam pernyataan itu benar-benar patriotik,” kata Erdogan seperti dikutip Reuters.

“Tindakan rasial terhadap pemuda yang telah memberikan segalanya kepada timnas Jerman hanya karena keyakinan agamanya merupakan hal yang tidak bisa diterima,” tegasnya.

Sikap media Jerman yang menyudutkan Ozil berkaitan dengan buruknya hubungan pemerintahan Angela Merkel (Kanselir Jerman) dengan Turki sejak 2016. Pemerintah Jerman tidak setuju dengan kebijakan Erdogan menahan para pelaku kudeta di Turki.

Sementara, Ozi membela diri dan bersikeras tidak terlibat dengan aktivitas politik apapun. Ia bersedia foto bersama Erdogan karena menghormati pemimpin negara yang menjadi tanah kelahiran leluhurnya.

Chrismansyah Prayogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here