Polemik Belum Usai, Mesut Ozil Dicap Pengecut Usai Putuskan Pensiun dari Timnas

0
Mesut Ozil (via @MesutOzil1088)

Kontroversi mengenai mundurnya Mesut Ozil dari Timnas Jerman belum kunjung usai. Kini, sang playmaker dicap pengecut oleh Fredi Bobic.

Pria yang kini menjabat sebagai Sporting Director Eintracht Frankfurt ini mengaku tak terkesan dengan keputusan Ozil.

“Saya pikir itu sedikit pengecut,” katanya kepada Bild am Sonntag.

“Kritik Ozil terhadap media sosial, terutama kepada Asosiasi Sepakbola Jerman, tidak tertahankan,” sambungnya.

“Tuduhan selimut rasisme ini tidak sesuai dengan kenyataan. Ia bisa saja memberikan wawancara di suatu tempat. Bagi kami, para pemain sepakbola, aturannya adalah ‘jadilah seorang pria dan berdiri'”

Bobic menyebut Ozil melakukan kesalahan fatal saat berfoto bareng Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Menurutnya, Ozil semestinya tahu hal itu kurang tepat dilakukan.

“Saya akan membiarkan itu untuk pemain yang berusia 18 atau 19 tahun, tetapi seorang pemain yang telah berkecimpung dalam sepakbola begitu lama, 29 tahun dan juara dunia, perlu tahu seperti apa bentuknya,” ketusnya.

“Jika ia tidak tahu itu, maka ia benar-benar naif, atau itu sudah diperhitungkan dan ia ingin bersikap provokatif, atau kalau tidak ia terasingkan, tentu saja, saya memahami dua hati yang berdetak di dadanya. Namun, Anda harus tahu bahwa Anda memiliki tanggung jawab yang besar,” terangnya.

Ozil memutuskan mundur dari timnas Jerman lantaran merasa mendapat perlakuan tak mengenakkan dari pendukung Tim Panser. Bahkan ia juga mendapat perlakuan rasis dari Presiden DFB.

Pengunduran diri pemain Arsenal itu, melalui surat terbuka, menuai pro dan kontra. Banyak yang mendukung Ozil, namun tak sedikit pula mengecam.

Chrismansyah Prayogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here