Senjata Tiga Bintang Timnas Jepang di Rusia

0
Shinji Okazaki saat berduel dengan pemain Polandia dalam pertandingan di Piala Dunia 2018. Terlihat Okazaki mengenakan sepatu Passion Red Mizuno. Foto : Facebook FIFA World Cup

Jepang membuat pecinta sepak bola Asia tersenyum lebar pada penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Akhirnya wakil Asia tak hanya menjadi pelengkap. Jepang menjaga wajah Asia berkat prestasinya di Rusia.

Pada fase grup, Jepang mencatatkan sekali kemenangan, sekali hasil seri dan sekali menelan kekalahan. Empat poin sudah cukup mengantarkan Jepang lolos ke fase kedua sebagai runner up grup H, bersama Kolombia.

Prestasi ini jauh lebih baik dari penyelenggaraan empat tahun lalu di Brazil. Kala itu Jepang menjadi juru kunci grup C. Pun juga dengan Korea Selatan dan Iran yang sama-sama jadi juru kunci.

Ada sederet pemain Jepang yang patut diapresiasi. Mayoritas pemain yang jadi andalan merupakan penggawa Jepang yang merumput di luar Asia. Di antaranya Keisuke Honda, Shinji Okazaki dan Maya Yoshida. Ketiga pemain ini selalu diturunkan dalam tiga pertandingan. Baik sejak menit pertama atau masuk pada paruh kedua.

Keisuke Honda merupakan langganan Timnas Jepang sejak 2009 lalu. Dari statistik Soccerway, Honda sudah mencetak 37 gol dalam 7558 menit penampilan. Satu di antaranya dicetak ke gawang Senegal pada laga kedua fase grup di Ekaterinburg Arena.

Maya Yoshida memiliki peran vital di sektor belakang. Bahkan ia tampil penuh dalam tiga pertandingan Jepang di Rusia. Bahkan pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018, Yoshida bukan saja menjaga lini belakang. Ia turut menyumbang empat gol dalam 18 penampilan.

Shinji Okazaki juga memberi pengaruh pada peforma Jepang. Aksi pemain Leicester City ini begitu diwaspadai tim lawan. Ketiga pemain ini ternyata memiliki senjata sama di Rusia. Sepatu pabrikan Jepang, Mizuno digunakan ketiganya agar bisa beraksi secara maksimal.

Maya Yoshida dengan sepatu Mizuno Passion Red saat menghampiri kiper Eiji Kawashima. Foto : Facebook FIFA World Cup

Mereka menggunakan sepatu edisi terbatas Passion Red seri Rebula 2 V1 Japan. Seri itu merupakan satu dari tiga edisi terbatas Passion Red. Selain Rebula 2 V1 Japan, ada pula MORELIA II dan MORELIA NEO II.

Rebula 2 V1 Japan merupakan sepatu yang dilengkapi bantalan untuk meningkatkan sentuhan bola, juga menggunakan bahan lembut di sekitar lidah sepatu. Di Jepang, Rebula dari penjualan Juli 2017 hingga Maret 2018 sudah terjual 260 ribu pasang.

“Rebula 2 menggunakan bentuk Tongue Band Structure pada bagian lidah sepatu yang berfungsi untuk menutupi seluruh bagian kaki yang berada di bagian lidah sepatu. Sementara material suede tone sangat sesuai digunakan pada bagian opening sepatu dan berguna untuk meningkatkan fitting,” terang Brand Manager Mizuno Indonesia Hendry Hartanto, Senin (2/7/2018).

“Untuk seri MORELIA telah dijual sejak tahun 1985 dengan didasarkan pada konsep ringan, fleksibel dan sensasi nyaman tanpa alas kaki dengan tujuan untuk mendapatkan sensasi bermain dengan kaki telanjang,” lanjutnya.

Keisuka Honda mengaku senang dengan sepatu keluaran terbaru ini. Ia merasa lebih mudah dalam mengontrol bola dibanding model sebelumnya. Lalu Okazaki mengatakan kemajuan edisi ini dihasilkan dalam fittingnya. Hal sama juga dikatakan Maya Yoshida yang lebih bersemangat untuk memberi kontribusi pada tim.

Peluncuran sepatu sepakbola “Passion Red” dari Mizuno di Fisik Store, Daan Mogot, Jakarta Barat. Foto : Istimewa

Di Indonesia, ada banyak pesepakbola lokal yang mengandalkan Mizuno untuk bertarung di lapangan. Salah satunya Addison Alves yang kini jadi andalan Persija Jakarta. Tak lupa pula Shohei Matsunaga yang sudah setia bersama Mizuno.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here