CONMEBOL Pindahkan Laga Leg Dua Final Copa Libertadores 2018 ke Kandang Real Madrid

0
Kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu (via @realmadrid)

Federasi sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) akhirnya mengumumkan bahwa leg kedua final Copa Libertadores 2018 antara River Platedan Boca Juniors bakal dihelat di Santiago Bernabeu, Madrid, pada Minggu (9/12/2018).

Sejatinya, laga tersebut digelar di Estadio Monumental, kandang River, Sabtu (24/11/2018). Namun, urung dilaksanakan lantaran adanya kerusuhan.

Suporter River secara brutal menyerang bus Boca dalam perjalanan menuju stadion. Sederet pemain pun mengalami luka-luka, bahkan dua di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit akibat pecahan kaca.

CONMEBOL kemudian menunda laga selama 24 jam. Namun bentrok kembali ditunda untuk waktu yang belum ditentukan atas permintaan Boca yang tidak dalam kondisi ideal guna lakoni pertandingan.

Setelah pihak CONMEBOL, River, dan Boca menggelar pertemuan khusus di Asuncion, Paraguay, tengah pekan ini akhirnya disepakatilah bahwa Estadio Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol, jadi venue leg kedua final.

“Kami menghadapi situasi luar biasa dan harus mencari kota alternatif. Kami yakin Kota Madrid punya semua kondisi yang kami butuhkan. Saya berterima kasih kepada Presiden Spanyol, Presiden FIFA, dan secara personal kepada sahabat saya, Florentino Perez (presiden Real Madrid). Juga kepada seluruh kota yang telah menunjukkan minat menggelar laga ini,” tutur presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez, seperti dikutip dari Clarin.

Selain pengumuman akan kepastian pertandingan, CONMEBOL juga merilis hukuman untuk River akibat tingkah brutal suporternya dengan denda 400 ribu USD. Selain itu River juga disanksi bermain tanpa penonton di dua laga CONMEBOL terhitung mulai musim depan.

Meski segalanya sudah diputuskan, Boca dikabarkan masih akan ajukan perkara ini ke pengadilan tertinggi olahraga (CAS) agar River dinyatakan kalah dan gelar Copa Libertadores musim ini jatuh ke tangan mereka.

Chrismansyah Prayogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here