Profil Timnas Timor Leste: Kuda Hitam Di Tengah Kepungan Raksasa Asia Tenggara

0
Starting XI Timor Leste

Timor Leste bukanlah nama besar di persepakbolaan Asia Tenggara. Piala AFF 2018 ini jadi kedua kalinya keikutsertaan mereka.

Negara tetangga Indonesia lolos ke putaran final Piala AFF 2018 setelah menumbangkan Brunei Darussalam dengan agregat 3-2.

Meski diprediksi jadi tim terlemah di grup B, Timor Leste datang ke ajang ini dengan raihan positif.

Anak-anak asuh Norio Tsukikate ini berhasil mengalahkan Filipina dan menahan imbang Kamboja di laga uji coba. Menariknya, Tsukikate memasang pemain-pemain muda.

Pelatih asal Jepang ini lebih mempercayakan pemain-pemain muda berusia 17 hingga 24 tahun. Itu artinya tak ada nama senior di skuad berjuluk The Rising Sun ini.

Di gelaran ini, Timor Leste akan mengandalkan Henrique Wilsons Da Cruz Martins. Pemain berusia 20 tahun ini kerap disandingkan dengan nama-nama besar di Asia tenggara seperti Egy Maulana Vikri dan Supachai Jaided (Thailand).

Sayangnya di ajang ini Timor Leste tak bisa bermain di kandang sendiri. Negara tersebut tak memiliki stadion bertaraf internasional yang menjadi syarat diselenggarakannya pertandingan AFF.

Rufino Gama dkk. akan bermarkas di Kuala Lumpur, Malaysia selama Piala AFF 2018. Meski begitu bukan halangan bagi Timor Leste untuk tampil mengejutkan seperti yang pernah dilakukan Filipina pada gelaran AFF 2010 lalu.

Profil Singkat Timor Leste

Pelatih: Norio Tsukikate

Kapten: Jorge Victor

Pemain Bintang: Henrique Wilsons Da Cruz Martins, Rufino Gama

Ranking FIFA: 226

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here