Wasit Piala AFF Kerap Lakukan Blunder, Kapan VAR Akan Diterapkan?

0
Pemain Indonesia berebut bola dengan pemain Singapura di Piala AFF 2018 (AFF Suzuki Cup)

Indonesia menelan kekalahan dari Singapura di laga perdana Piala AFF 2018. Skuad asuhan Bima Sakti ini kalah 0-1 melalui gol Harris Harun.

Indonesia sejatinya memiliki dua peluang untuk mencetak gol. Namun keduanya digagalkan oleh keputusan wasit asal Vietnam, Nguyen Hien Triet.

Di menit ke-38, Irfan Jaya melakukan umpan silang kepada Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi ini dengan mudah mencocor bola masuk ke gawang.

Namun wasit Nguyen tidak mengesahkan gol karena menganggap Irfan sudah berada dalam posisi off side. Padahal dilihat dari tayangan ulang pemain asal Persebaya ini berada di garis on side.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIBERO_ID LIVE! 🔵🇲🇨 (@libero_id) on

Wasit Nguyen kembali membuat geram pendukung Indonesia. Kali ini Ia tidak memberikan penalti kepada Indonesia saat Riko Simanjuntak dijatuhkan lawan.

Lagi-lagi dilihat dari tayangan ulang, wasit salah mengambil keputusan. Riko terlihat jelas dijatuhkan oleh pemain Singapura di kotak penalti.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIBERO_ID LIVE! 🔵🇲🇨 (@libero_id) on

Keputusan kontroversial wasit ini membuat teknologi Video Assistant Referee (VAR) kembali didengungkan. Namun di Piala AFF ini teknologi VAR belum bisa digunakan.

AFC selaku induk organisasi sepakbola Asia baru akan menggunakan teknologi ini pada tahun 2019. VAR akan digunakan di Piala Asia 2019 yang berlangsung di Uni Emirate Arab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here