4 Profesi Penting Dalam Klub Sepakbola yang Jauh Dari Sorotan

0
Josh Morris, analis performa tim Cardiff City (University of South Wales)

Sepakbola kini menjadi sebuah industri yang menjanjikan. Kini sepakbola bukan lagi tentang 11 pemain menghadapi 11 pemain dalam waktu 90 menit.

Selayaknya industri lainnya, sepakbola melibatkan berbagai pihak dalam menjalankan bisnis. Beberapa profesi akan terkait satu sama lain dalam sebuah klub sepakbola yang profesional.

Sayangnya ada beberapa profesi dalam sebuah klub sepakbola yang jarang tersorot. Padahal mereka jadi salah satu sosok penting dalam sebuah kesuksesan klub.

Berikut ini ada empat profesi dalam sepakbola yang jauh dari sorotan.

1. Kitman

Kitman bertugas menyiapkan segala persiapan tim. Peran mereka dianggap seperti seorang asisten rumah tangga.

Padahal peran kitman lebih dari itu. Mempersiapkan segala kebutuhan tim mulai dari jersey, bola, kaos kaki, hingga ban kapten jadi menu sehari-hari bagi kitman.

Apalagi mereka harus melayani kebutuhan semua pemain yang jumlahnya tentu saja tidak sedikit.

“Menjadi seorang kitman berarti Anda bekerja tujuh hari dalam sepekan. Bukan sesuatu yang mudah untuk lelaki muda yang sudah berkeluarga karena bisa membuat pernikahannya berakhir dengan perceraian. Saya mulai bekerja sejak pukul delapan pagi dan kembali ke rumah setelah pelatih dan pemain pulang,” papar John Clark, kitman legendaris Glasgow Celtic yang dilansir dari Fourfourtwo.com.

Salah satu kitman legendaris adalah Pietro Lombardi. Perannya yang begitu penting untuk timnas Italia membuat namanya begitu harum ketika meninggal dunia.

Bahkan seorang Daniel De Rossi merelakan medali Piala Dunia 2006 miliknya dikubur bersama sang kitman.

2. Penerjemah

Sepakbola adalah bahasa yang universal. Tak ada yang salah memang, tapi penerjemah tetap dibutuhkan dalam sebuah tim sepakbola.

Lewat penerjemah, pemain sepakbola asing akan lebih mudah beradaptasi di klub barunya. Ia akan menjadi perantara antara pemain dengan pihak klub hingga sesi wawancara dengan media.

Jose Mourinho yang dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik dunia ternyata mengawali kariernya dari seorang penerjemah sepakbola.

3. Analis Performa

Sepakbola kini juga memperhatikan statistik untuk menganalisa permainan tim. Analis perfoma pun jadi profesi yang cukup penting dalam tim.

Mereka bertugas menganalisa permainan setiap pemain. Mereka lalu menyerahkan data tersebut kepada pelatih untuk dievaluasi.

Selain itu analis performa juga memiliki peran penting dalam mencari pemain baru. Mereka akan membantu pemandu bakat dengan memberikan statistik pemain yang sedang diincar.

4. Pemandu Bakat

Pemandu bakat bertugas mencari pemain-pemain yang dibutuhkan oleh klub. Mereka biasanya ditugaskan di negara-negara yang memiliki potensi pemain bagus seperti Brazil, Argentina hingga Afrika.

Selanjutnya pemandu bakat akan memberikan daftar pemain-pemain potensial kepada klub. Pemain-pemain seperti Lionel Messi hingga Cristiano Ronaldo ditemukan oleh klubnya melalui pemandu bakat.

Kini peran pemandu bakat semakin penting karena klub-klub besar lebih memprioritaskan pemain-pemain potensial daripada pemain matang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here