Penantian 20 Tahun Akhirnya Tercipta di Krestovsky Rusia

0
euforia Timnas Iran usai laga di Piala Dunia 2018. Foto: Official FIFA

Timnas Iran akhirnya bisa bernafas lega di Piala Dunia 2018 di Rusia. Kemenangan ini seperti sebuah doa 20 tahun lamanya yang kembali dikabulkan.

Terakhir kali Iran meraih kemenangan terjadi pada 21 Juni 1998. Ketika itu, mereka menang tipis 2-1 atas Amerika Serikat.

Setelah itu, Iran dua kali lolos ke Piala Dunia 2006 dan 2014. Mereka mengakhiri dua turnamen itu dengan catatan identik, sekali seri dan dua kali kalah.

Secara keseluruhan, Iran sudah tampil dalam 13 pertandingan dari empat penyelenggaraan Piala Dunia. Mereka mengoleksi dua kemenangan dan tiga kali seri, serta sisanya berakhir dengan kekalahan.

Kemenangan atas Maroko pada pertandingan perdananya di Grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Krestovsky, Jumat (15/6/2018), jelas disambut suka cita warga Iran

Kemenangan tersebut bisa dikatakan dramatis karena tercipta pada menit kelima masa tambahan atau injury time. Semakin menyakitkan bagi Maroko, karena satu-satunya gol di laga ini karena sebuah  gol bunuh diri.

Bermula dari umpan silang Ehsan Haji Safi, Aziz Bouhaddouz yang mencoba mengantisipasi justru membuat bola bersarang di jala gawang Monir El Kajoui.

Tak berapa lama, peluit panjang berbunyi dan Iran menang 1-0 atas Maroko. Hal itu merupakan kemenangan pertama Iran di Piala Dunia sejak 2018.

“Begitu kami bisa menciptakan kepanikan di pertahanan Maroko, itu mengubah permainan,” Pelatih Timnas Iran Carlos Queiroz.

Maroko: 12-Monir El Kajoui, 2-Achraf Hakimi, 5-Mehdi Benatia, 6-Romain Saiss, 7-Hakim Ziyach, 8-Karim El Ahmadi, 10-Younes Belhanda, 14-Mbark Boussoufa, 16Noureddine Amrabat, 18-Amine Harit, 9-Ayoub El Kaabi

Pelatih: Herve Renard

Iran: 1-Ali Beiranvand, 3-Ehsan Hajisafi, 4-Roozbeh Cheshmi, 8-Morteza Pouraliganji, 23-Ramin Rezaeian, 7-Masoud Shojaei, 9-Omid Ebrahimi, 11-Vaid Amiri, 10-Karim Ansarifard, 18-Alireza Jahanbakhsh, 20-Sardar Azmoun

Pelatih: Carlos Queiroz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here