Masa Depan Pemain Aceh Jebolan Pelatihan di Paraguay. (#1)

0
Skuad Tim Aceh yang mengikuti pendidikan di Paraguay 2008-2011.

ACEH – Pada 10 tahun yang lalu ada sebuah program pelatihan pemain potensial pasepakbola muda di Aceh, yang ditempa untuk diterbangkan menimba ilmu di daerah Amerika Selatan.

konsep awalnya mungkin hampir sama seperti Primavera dan Baretti yang menuju ke Italia, hingga SAD yang menuju ke Uruguay. Bedanya proyek ini bukan dibuat oleh PSSI.

Program ini digagas mantan Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam, Irwandi Yusuf. Pemerintah Provinsi Aceh telah mengalokasikan dana sekitar Rp45 miliar untuk mendanai pembinaan sebanyak 30 atlet sepakbola remaja usia 15 tahun ke bawah selama tiga tahun di Paraguay.

Tim ini pertama kali berangkat ke Paraguay pada 8 Agustus 2008. Pemain asli Aceh ini menimba ilmu sepakbola di Paraguay akhirnya kembali ke Indonesia di tahun 2011.

Selama latihan di Paraguay, tim ini dilatih oleh pelatih teknik asal Argentina, Luis Sosa dan dua orang asistennya asal Paraguay.

Selama kurang lebih tiga tahun belajar di Paraguay, diharapkan kedepannya dari kaki merekalah sepakbola Aceh bisa semakin maju.

Awalnya program ini diikuti 30 pemain, namun hingga April 2011 jumlah pemain yang masih bertahan di sana tinggal sekitar 18 pemain.

Beberapa pemain harus pulang lebih cepat karena cedera yang di deritanya. Tim ini sendiri akhirnya dipulangkan pada November 2011.

Selama di Paraguay, para pesepakbola dilatih dan kemudian dipantau dan sudah memperkuat beberapa klub Paraguay baik itu dari Primera División (divisi 1), División Intermedia (divisi 2), Primera de Ascenso (divisi 4) dan Segunda de Ascenso (divisi 5).

Dari yang 18 pemain itu juga, satu di antaranya sempat masuk timnas U-19 Piala AFF 2011. Tim tersebut diambil dari tim Aceh yang merupakan juara di Arafura Games 2011 di Australia.

Pemain-pemain Aceh di Paraguay masih dalam usia pelajar setara SMA, itulah sebabnya mereka juga didampingi guru pendamping asli Aceh bernama Mirza Afuadi.

Setelah hampir 10 tahun kemudian setelah program ini dibuat, seperti apa kisah para alumninya. Berikut kisahnya?

Bersambung………. Selanjutnya Klik DISINI

jaladwara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here