Persipura Jayapura Tumbang dari Klub Liga 3 di Piala Indonesia

0
Skuad Persipura Jayapura pada Liga 1 2018. Foto : Richie Setiawan

Di luar dugaan klub kasta tertinggi Persipura Jayapura tumbang dari klub Liga 3, Persidago Gorontalo. Kejadian itu terjadi di leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia 2018/2019 di Stadion 23 Januari Telaga, Kabupaten Gorontalo, Senin (28/1).

Mutiara Hitam (julukan Persipura) kalah tipis 0-1 dari tuan rumah Persidago. Satu-satunya gol di pertandingan itu berasal dari Ismunandar Monoarfa menit ke-63.

Pelatih kepala Persidago Gorontalo, Romi Malanua mengaku cukup terkejut dengan kemenangan ini.

“Kemenangan yang patut disyukuri dan layak kami terima hari ini. Kami bermain tanpa beban. Pemain bekerja keras menahan gempuran tim lawan. Gol dari Ismunandar sangat bagus, dan itu cukup untuk memenangkan kami. Tim coba mencari gol lain, tapi sepertinya mereka bisa mengantisipasi serangan kami,” katanya yang dilansir dari situs resmi PSSI.

Dirinya menambahkan, bahwa hasil ini merupakan modal penting untuk memotivasi tim pada laga kedua. “Kami harus segera melupakan hasil ini dan konsentrasi ke laga berikutnya,” ujarnya.

Tim tamu memang mendominasi jalannya pertandingan, mereka tidak mau menganggap remeh lawan. 10 menit berjalan, tim Mutiara Hitam terus menggempur pertahanan tuan rumah. Persidago yang terus ditekan bermain rapat dan sangat disiplin dalam menjaga pertahanan mereka.

Para pemain Persidago bermain sangat baik, mereka sukses membuat pemain Persipura frustasi dan kesulitan untuk bisa mencetak gol. Babak pertama pun ditutup dengan hasil imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Persipura masih mendominasi jalannya pertandingan, mereka justru menaikkan intensitas serangan guna mencari gol kemenangan. Namun justru gol malah lahir dari tuan rumah Persidago. Hadiah tendangan bebas dimanfaatkan oleh Ismunandar Monoarfa.

Mendominasi dan memiliki banyak peluang tak membuat Persipura bisa memenangkan pertandingan. Disiplin dan ketatnya pertahanan Persidago tak membuat tim ini bisa memenangkan pertandingan di pertemuan pertamanya.

“Bukan hasil yang kami cari dan sesuai dengan target kami. Peluang dan mendominasi permainan di sepanjang pertandingan tak membuat kami bisa menang, kami kurang beruntung. Semua itu tidak bisa kami konversikan menjadi gol. Saya tak ubah gaya main tim ini. Saya tetap respek untuk usaha dan kerja keras pemain,” ucap Luciano Leandro.

“Saya juga angkat topi untuk Persidago, karena bisa curi kemenangan dari kami. Satu yang pasti, kami akan evaluasi permainan kami hari ini, agar bisa menang di laga kedua nanti,” sambungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here