Potret Kemegahan Stadion Mandala Krida, Buat PSIM Jogja Percaya Diri

0
Stadion Mandala Krida terlihat begitu elegan dengan perpaduan warna biru dan merah. Foto : Nofik Lukman Hakim

Masyarakat Yogyakarta kini boleh berbangga pada Stadion Mandala Krida. Markas klub sepak bola PSIM Jogja terlihat begitu megah setelah renovasi dengan anggaran Rp 174,4 Miliar rampung.

Peresmian stadion yang berdiri pada tahun 1976 ini digelar pada Kamis (10/1/2019) pagi. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X terlihat begitu gembira saat meresmikan stadion ini.

Stadion terlihat begitu megah, mulai pintu masuk, menyusuri setiap ruangan hingga lintasan atletik berstandar internasional. Ia menyebut Yogyakarta sudah percaya diri bila menghelat event level internasional.

“Stadion ini merupakan simbol kebanggan dari mimpi masyarakat Yogyakarta terhadap dunia olahraga. Kibarkan panji sportivitas yang memiliki moralitas dan perspektif humanity dalam semua sudut stadion. Rawatlah dan ramaikan sebagai janji kepada masa depan,” kata Sri Sultan dalam sambutannya.

Stadion Mandala Krida terlihat begitu elegan dengan perpaduan warna biru dan merah. Foto : Nofik Lukman Hakim
Stadion Mandala Krida terlihat begitu elegan dengan perpaduan warna biru dan merah. Foto : Nofik Lukman Hakim
Suasana tribun timur Stadion Mandala Krida. Terlihat begitu nyaman untuk menyaksikan pertandingan, baik dari tribun bawah maupun atas. Foto : Nofik Lukman Hakim

Renovasi tak akan berhenti disini. Setelah ini stadion akan ditambah lampu stadion, kursi tribun dan videotron scoring board. Megahnya stadion ini membuat tim sepak bola PSIM Jogja semakin percaya diri menyongsong kompetisi Liga 2 2019.

Mereka tak lagi berstatus tim nomaden, karena kini memiliki stadion yang begitu mewah. Bila merebut tiket promosi ke Liga 1 2020, momennya akan berbarengan dengan penambahan fasilitas lampu, kursi dan scoring board.

Dari pantauan KAMPIUN.ID, stadion ini begitu memperhatikan kenyamanan dan keselamatan. Ruang ganti untuk tim sepak bola berada tepat di pintu besar sisi kanan dan kiri. Nantinya bus pembawa rombongan klub bisa terparkir di dalam. Kemudian ketika turun dari bus, rombongan langsung terakses ke ruang ganti.

Pintu masuk VVIP di tribun barat Stadion Mandala Krida. Foto : Nofik Lukman Hakim
Pintu akses menuju tribun VVIP Stadion Mandala Krida. Foto : Nofik Lukman Hakim
Ruang ganti Stadion Mandala Krida masih dalam tahap renovasi. Foto : Nofik Lukman Hakim
Akses jalan layang menuju tribun barat sisi utara dan selatan Stadion Mandala Krida. Foto : Nofik Lukman Hakim
Terlihat sisi luar Stadion Mandala Krida. Foto : Nofik Lukman Hakim

Di dalam ruang ganti, terdapat delapan kamar mandi dengan shower serta dua toilet. Lalu tepat di samping ruang ganti, ada ruangan cukup besar yang bisa digunakan untuk pemanasan.

Selain itu, pintu keluar penonton ada dua macam. Ada pintu yang tepat berada di bawah tribun. Sementara untuk tribun barat sisi utara dan selatan, dibuatkan pintu masuk berupa jalan layang. Pembuatan dua macam akses ini membuat penonton semakin nyaman saat keluar maupun masuk tribun.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here