Sepakbola Wanita Perlu Ada Liga

0
Dua tim peserta Pertiwi Cup. Foto: PSSI

SOLO – Women Pro Futsal League (WPFL) rencananya akan kick off 20 Januari mendatang. Total 8 tim kembali berlaga di WPFL 2018. Enam tim dari WPFL 2017 yakni UPI Bandung (Juara), Jaya Kencana Angels, Lampung Angels, Kebumen Angels, Muara Enim Unyted, dan Netic Ladies Cibinong akan bersaing dengan dua tim promosi Liga Futsal Nusantara (LFN), yaitu Pansa FC Bantul dan IKIP Budi Utomo Malang. Kompetisi futsal pro ini diisi pemain-pemain potensial, ada beberapa pemain sepakbola wanita juga yang terjun di sana.

Sayang kompetisi sepakbola khusus wanita malah belum ada. PSSI baru menargetkan kompetisi profesional sepakbola wanita akan bergulir 2019 nanti. Niat besar itu memang mulai terbentuk setelah 8 Desember 2017 lalu Asosiasi Sepak Bola Wanita baru terbentuk di Palembang. Padahal jika bicara agenda, PSSI harus menyiapkan Timnas putri untuk Piala AFF Maret nanti, dan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang.

”Event besar sepakbola wanita banyak, kenapa tidak ada kompetisi resmi yang digelar. Inikan lucu. Lalu bagaimana seleksi pemainnya kalaupun ikut sebuah event internasional, itu sudah benar belum langkahnya. Jangan sampai yang masuk timnas itu-itu saja, karena yang kadang bagus tak terpantau karena tidak ada seleksi terbuka yang digelar,” beber legenda Timnas Rocky Putiray.

Beberapa tahun terakhir turnamen sepakbola wanita memang mulai rutin digelar. Seperti Budhe Karwo Cup di Jatim, Bengawan Cup di Solo, hingga Pertiwi Cup yang digelar di Palembang. ”Turnamen seperti Bengawan Cup memang cukup bagus untuk digelar secara rutin. Dari event ini akan terlihat pemain yang potensial seperti apa. Tapi yang pasti sih memang tetap harus ada kompetisi resmi yang digelar, dan itu jadi tugas PSSI pastinya,” beber pria nyentrik yang juga menjabat sebagai pelatih Jakarta 69 tersebut.

Jika bicara klub sebenarnya ada banyak klub atau komunitas sepakbola wanita di Indonesia yang sudah terbentuk. Seperti di Bengawan Cup peserta yang mengikuti turnamen ini antara lain adalah Putri Surakarta, Putri Mataram, Persijap Kartini, Football Plus Bandung, Siliwangi FC Bandung, Jakarta 69, dan Putri Kediri.Sementara Budhe Karwo Cup pesertanya mulai dari Putri Sidoarjo, Putri Kota Kediri, Candra Kirana (Kab Kediri), Putri Surabaya, Putri Blitar, Putri Magetan, Putri Tulungagung, Putri Trenggalek, Putri Jember, IKIP Budi Budi Utomo (Malang), dan Unmuh Jember.

Jaladwara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here