5 Alasan Persis Solo Pilih Stadion Maguwoharjo Sleman Sebagai Markas Sementara

0
Suporter Persis Solo saat memadati Stadion Maguwoharjo Sleman. Foto : Nofik Lukman Hakim

Stadion Maguwoharjo Sleman akhirnya menjadi pilihan Persis Solo sebagai kandang sementara pada kompetisi Liga 1 2019. Markas PSS Sleman akan digunakan sampai renovasi Stadion Manahan Solo rampung pada Oktober mendatang.

Pemilihan Maguwoharjo begitu melegakan publik pencinta sepak bola Kota Solo. Aksi protes soal penolakan Bekasi pun direspons manajemen dengan cepat.

Selama dua pekan ini, manajemen Persis Solo berkeliling ke beberapa stadion untuk melakukan pemantauan. Maguwoharjo pun akhirnya jadi solusi terbaik.

“Sebelum ini kita sudah datang ke beberapa tempat, mulai Bekasi, Sleman, Klaten, Sragen. Tentu juga Stadion Sriwedari, Stadion Wilis dan Magelang. Dari semua pilihan itu, pemilik klub sudah menentukan home base musim 2019 di Sleman. Kita akan disana sampai renovasi Manahan selesai,” terang Sekjen Persis Solo, Dedi M Lawe dalam jumpa pers di Mess Persis, Selasa (5/2/2019) siang.

Ada lima hal yang mendasari manajemen Laskar Sambernyawa memilih Maguwoharjo sebagai markas sementara. Dedi Lawe mengatakan, faktor ini bukan sekadar fasilitas yang bagus, namun juga hubungan baik dengan PSS Sleman.

Berikut lima faktor Persis Solo pilih Stadion Maguwoharjo :

1. Fasilitas Stadion

Stadion Maguwoharjo punya kapasitas cukup besar, dibanding stadion di sekitar Jawa Tengah maupun DIY. Stadion ini bisa menampung 35 ribu penonton. Selain kapasitas, rumput stadion ini juga berkualitas. Beberapa kali Timnas Indonesia sempat menggunakan stadion ini untuk uji coba dengan negara lain.

2. Hubungan Baik dengan PSS Sleman

Keterlibatan Persis Solo dalam celebration game PSS Sleman berdampak positif. Hubungan Persis Solo dengan petinggi PSS Sleman semakin baik. Hubungan suporter kedua kesebelasan pun semakin harmonis. Dua faktor ini yang membuat manajemen Persis Solo sangat yakin memilih Stadion Maguwoharjo.

3. Kedekatan dengan Kota Solo

Stadion Maguwoharjo hanya berjarak 60 kilometer dari Stadion Manahan Solo. Bila berangkat menggunakan motor maupun mobil, waktu yang dibutuhkan suporter Persis Solo paling lama hanya 90 menit. Sementara bila di Madiun, jaraknya mencapai 137 kilometer. Waktu tempuh bisa sampai tiga jam.

4. Pilihan Moda Transportasi Beragam

Kabupaten Sleman bisa ditempuh dengan moda transportasi beragam. Dengan kendaraan pribadi, waktu tempuh paling lama hanya 90 menit. Jalan pun lebar. Sementara bila menggunakan transportasi umum, ada bus yang lewat per 5-15 menit. Naik kereta api bisa berhenti di Stasiun Maguwoharjo, kemudian dilanjut menggunakan transportasi online dengan harga sekitar Rp 23 ribu (GoCar).

Sementara bagi suporter yang kerja di luar kota, penerbangan bisa menjadi solusi cepat. Bandara Adi Sucipto sangat dekat dengan Stadion Maguwoharjo. Pilihannya pun sama ketika naik kereta, perjalanan ke stadion bisa menggunakan transportasi online yang banyak tersedia di sekitar bandara.

5. PSS Sleman ke Liga 1

Promosinya PSS Sleman ke Liga 1 membuat tim Liga 2 bisa bermarkas di Stadion Maguwoharjo. Secara regulasi, satu stadion bisa digunakan lebih dari satu klub, asal berbeda kasta. Lolosnya PSS ke Liga 1 membuat Persis Solo bisa bermarkas di Maguwoharjo. Persis Solo pun berharap bisa bernasib sama dengan saudara mudanya.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here