Di Negara Afrika Ini, Suporter PSS Sleman Termasuk Populer

0
Suporter PSS Sleman, Brigata Curva Sud (BCS) menyalakan flare dalam pertandingan di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (2/6/2018). Foto : Richie Setiawan

Cerita dibalik bergabungnya Abdelkbir Khairallah ternyata begitu menarik. Pemain asal Maroko ini mengetahui klub PSS Sleman dari kelompok suporter Raja Club Athletic de Casablanca.

Abdelkbir merupakan pemain kelahiran Casablanca, 20 September 1983. Ia menjadi satu dari sederet pemain asing yang mencoba trial di PSS Sleman. Dua hari ini Abdelkbir gabung tim Elang Jawa.

Kedatangan Abdelkbir ke Indonesia sebenarnya bukanlah yang pertama. Pada 2015-2016 lalu, ia pernah menjadi bagian tim Bhayangkara FC saat bermarkas di Sidoarjo. Jebolan akademi Raja Casablanca ini juga pernah membela Borneo FC pada ajang Piala Presiden 2018.

Bahkan Abdelkbir memiliki istri dan anak yang tinggal di Surabaya. Tak heran ketika gabung latihan PSS Sleman, Abdelkbir lancar berbahasa Indonesia. Ia dengan mudah berkomunikasi dengan Kushedya Hari Yudo dkk.

Namun uniknya, Abdelkbir tahu lebih dalam mengenai PSS Sleman ketika berada di Maroko. Informasi mengenai klub PSS Sleman didapatnya dari suporter Raja Casablanca. Ternyata, Brigata Curva Sud (BCS) cukup dikenal di kalangan suporter Maroko.

“Saya pemain dari Maroko, klub saya Raja Casablanca. Saya tahu suporter PSS, Curva Sud dari suporter saya di Maroko. Suporternya bagus, maniak, terkenal di luar negeri,” terang Abdelkbir saat ditemui di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (19/2/2019) pagi.

Bagi Abdelkbir, suporter menjadi bagian penting dalam sebuah pertandingan. Kehadiran suporter bisa memberi pemain semangat lebih untuk memenangkan setiap pertandingan.

Abdelkbir pun pernah merasakan besarnya dukungan suporter saat menjadi bagian tim Raja Club Athletic de Casablanca pada 2002-2004. Ia juga pernah merumput bersama sejumlah tim Maroko, Libya hingga Tunisia.

“Suporter kasih saya power dalam pertandingan, mereka terus bernyanyi,” kata pria bertinggi 170 centimeter ini.

Abdelkbir saat ini datang dengan status trial. Ia berharap bisa berseragam PSS Sleman pada Liga 1 2019. Abdelkbir pun menanti kesempatan untuk tampil dalam laga Piala Indonesia 2018/2019, lawan Borneo FC , Rabu (20/2/2019).

“Manajemen dan pelatih mau saya trial. Saya terima, tidak ada masalah. Saya pernah main disini, saya tahu bagaimana. Untuk pertandingan besok saya berharap main, saya kasih maksimal, untuk mereka lihat saya. Insyaallah dapat kontrak, tapi semua dari Allah,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here