Soal Penunjukkan Jadi Pelatih Timnas U-19, Ini Bocoran Fakhri Husaini

0
Fakhri Husaini usai menerima Golden Award Siwo PWI 2019 di Gedung Grahadi Surabaya. Foto : Nofik Lukman Hakim

Fakhri Husaini dalam jalur tepat menuju kursi pelatih Timnas Indonesia U-19. Pelatih berstatus pegawai Pupuk Kaltim ini sudah membicarakan program Garuda Nusantara pada awal bulan ini.

Fakhri bertemu ketua umum PSSI Joko Driyono dan sekjen PSSI Ratu Tisha. Pertemuan itu membahas program Timnas U-19 kedepannya, termasuk menatap Piala AFF U-19 2019 yang akan berlangsung di Vietnam.

“Pertemuannya sudah awal bulan ini di Jakarta. Sudah ada kesepakatan, tinggal resminya saja. PSSI juga perlu surat menyurat dengan perusahaan tempat saya bekerja. Kan status saya pegawai Pupuk Kaltim,” kata Fakhri saat ditemui di Surabaya belum lama ini.

Fakhri punya modal kuat untuk dipilih membesut Timnas U-19. Bukan sekadar sukses saat melatih Timnas U-16, Fakhri punya modal bank pemain untuk kelahiran 2001-2002.

Fakhri pun sudah mengenal karakter alumnus Timnas U-16 yang kini sedang berlatih di Inggris. Dia menyebut, ada beberapa alumnus Timnas U-16 yang layak mengikuti seleksi Timnas U-19.

“Katakanlah David Maulana, lalu ada kiper Ernando yang punya postur bagus. Ada beberapa pemain alumnus U-16 kemarin yang punya peluang masuk U-19,” tutur Fakhri.

Selain itu, Fakhri bisa berburu talenta yang terjaring dari Piala Soeratin U-17 maupun Liga 1 U-19. Keberadaan turnamen usia muda memudahkan pelatih menjaring pemain untuk seleksi Timnas U-19.

“Seharusnya kali ini lebih mudah cari pemain dibanding saat saya melatih Timnas U-16. Sudah ada kompetisi U-19, Elite Pro Academy sudah ada, Soeratin U-17 juga ada. Saya juga berharap dari daerah yang persiapan ke PON 2020,” ucapnya.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here