Diskusi 1 Abad Berdirinya PPSM Magelang, Cek Lokasi dan Jadwalnya Disini

0
Skuad PPSM Magelang Jr menyanyikan anthem di hadapan pendukungnya. Foto: Nofik Lukman.

PPSM Magelang adalah salah satu klub pendiri PSSI. Prestas tim inipun naik turun. musim lalu, tim ini bahkan memutuskan untuk vakum dari kompetisi resmi, dengan alasan pendanaan.

Bicara sejarah, banyak versi yang muncul dari klub yang menggunakan lambang paku bumi dan akrab dengan jersey berwarna oren tersebut.

Ada yang menyebutkan tim ini berdiri tanggal 15 Maret 1919, namun ada juga yang menuliskan tim yang awalnya bernama Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) tersebut berdiri pada tahun 1925.

Disebutkan IVBM dirikan oleh Wihardjo bersama 4 lokal di Magelang, yakni Persatuan Sepak bola Mosvia, Starmvogels, HKS, dan Among Rogo.

Mosvia kepanjangan dari Middlebare Opleiding School Voor Inlandsche Bestuur Ambtenaren, yang merupakan Sekolah Pegawai Pangreh Praja. Kini gedungnya dipakai untuk Mapolres Kota Magelang.

Sementara itu Satarmvogels merupakan klub sepak bola milik Belanda. Nama klub ini juga di pakai untuk sebuah klub liga belanda.

Sedangkan HKS merupakan sekolah guru pada zaman Belanda, gedung HKS saat ini menjadi kantor capil Kabupaten Magelang. Salah satu siswa HKS yakni E.A Mangindaan yang juga menjadi Kapten kesebelasan IVBM mewakili IVBM untuk menjadi salah seorang pendiri pembentukan PSSI di Jogja tahun 1930.

Setelah PSSI terbentuk dan IVBM menjadi pendirinya, akhirnya tak lama nama IVBM berubah menjadi PPSM.

Untuk merayakan 1 Abad PPSM, sebuah event digelar. Dilansir dari @eventppsm, ternyata ada agenda menarik di Atrium Artos Mall, 12-13 Maret 2019.

Event bertajuk 1 Abad Menendang Bola, ternyata ada berbagai acara menarik. mulai dari pemutaran film, launching jersey khusus, diskusi sepakbola, dan tentunya pameran memorabilia dan arsip terkait PPSM.

Inilah susunan acaranya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here