Tim Kota Solo Ternyata Pernah Sukses Kalahkan PSSI-nya Belanda

0
Skuad VBS Solo saat melawan NIVB di tahun 1935. Foto: De Indische Courant

Banyak cerita menarik yang bisa didapat dari penggalan kisah tentang sepakbola di masa lalu. Di masa lalu, khususnya sebelum Indonesia merdeka, terdapat federasi sepakbola di Hindia Belanda.

Kaum pribumi sudah mendirikan PSSI sejak tahun 1930, dan sejak tahun 1931 kompetisi resmi juga sudah mulai dilaksanakan secara rutin. Langkah ini bisa dibilang sedikit telat, karena pihak belanda yang ada di Hindia Belanda sudah lebih dulu memiliki federasi bernama NIVB.

Di kota Solo pun ada dua klub yang terbentuk kala itu, dan mengikuti kompetisi di federasi berbeda.

Di kubu PSSI ada nama VVB yang saat ini dikenal dengan nama Persis Solo. Sementara itu di pihak NIVB ada nama VBS, sebuah bond yang memiliki singkatan Voetballbond Soerakarta.

Ada hal menarik yang terjadi pada 20 April 1935 di Malang. Di mana pada saat tersebut klub VBS yang menggunakan nama Vorstenlanden ikut sebuah turnamen bentukan NIVB. Yang menarik NIVB pun ikut serta sebagai peserta, bersama perwakilan klub dari Surabaya, Malang, hingga Solo.

Menariknya, koran berbahasa Belanda Soerabaijasch Handelsblad terbitan 23 April 1935 mencatat bahwa di tanggal 20 April 1935, klub Vorstenlanden sukses menang atas NIVB dengan skor 3-2. Padahal NIVB layaknya sebuah Timnas federasi bentukan Belanda di Hindia Belanda.

Orang-orang yang bergabung di tim inipun jelas adalah orang-orang terbaik, dari kompetisi yang diikuti. Di turnamen ini NIVB tetap yang jadi juaranya.

Sementara itu komposisi pemain Vorstenlanden berisi pemain dari Solo dan Jogja, terselip salah satu mantan pemain Hindia Belanda di Piala Dunia 1938, yakni Pattiwael di klub ini.

jaladwara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here