Enam Klub Liga 2 2018 Akan Terdegradasi ke Liga 3 2019

0
Laga PSS Sleman melawan PSIR Rembang di Stadion Maguwoharjo Sleman. Foto : Richie Setiawan

JAKARTA- Dari sisi jumlah, jelas kompetisi Liga 2 musim ini semakin ketat. Musim lalu kompetisi kasta kedua di Liga Indonesia tersebut diikuti 61 klub, dna musim ini ada 24 klub yang siap bersaiang.

Tiga klub dari kasta Liga 3 musim lalu yang sanggup promosi, dan tiga klub lainnya adalah tim Liga 1 yang terdegradasi ke Liga 2 musim ini. Sisanya, jelas tim yang musim lalu lolos ke babak aman Liga 2.

Musim ini ternyata dipastikan akan adaenam klub Liga 2 yang akan terdegradasi ke Liga 3.

Hal itu sudah diputuskan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menggelar Manager Meeting dengan 24 klub Liga 2 di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018).

Chief Operating Officer (COO) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigorshalom Boboy, mengatakan, format kompetisi Liga 2 akan terbagi menjadi dua bagian, yakni barat dan timur.

Setiap wilayah terisi oleh 12 klub yang nantinya akan bermain dengan sistem kandang tandang. Tiga klub terbawah dalam satu wilayah dipastikan turun kasta ke Liga 3 2019.

”Kompetisi kasta kedua di Indonesia itu akan dimulai sejak 23 April sampai 2 Desember 2018. Laga pembuka akan digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/4/2018), dengan pertandingan Persis Solo kontra Semen Padang,” terangnya.

Empat tim teratas setiap wilayah akan maju ke babak delapan besar. Di babak delapan besar, juga akan digelar dengan sistem kandang tandang hingga menentukan dua tim teratas setiap wilayah. Semifinalpun akan digelar dengan sistem tandang kandang.

 “Juara pertama hingga peringkat ketiga akan promosi ke Liga 1 2018. Kompetisi Liga 2 ini akan berakhir pada 2 Desember atau satu minggu sebelum Liga 1 selesai,” ucap pria kelahiran Jakarta itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here