Kontra Perseru Ditunda, Persija Bisa Fokus Menatap Semifinal Piala AFC

0
Penggawa Persija Jakarta saat merayakan gol ke gawang PSIS Semarang dalam lanjutan Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat (20/4/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

JAKARTA – Pertandingan pekan ketujuh yang mempertemukan antara Perseru Serui kontra Persija Jakarta resmi dijadwal ulang. Hal ini sesuai dengan surat dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) bernomor 158/LIB/IV/2018.

Semula laga Perseru kontra Persija semestinya digelar pada 6 Mei mendatang, namun karena Persija ikut serta di Piala AFC 2018 yang saat ini sudah memasuki fase semifinal Zona ASEAN. Alhasil hal ini jadi dasar PT LIB mengubah laga itu menjadi 3 Juli 2018.

“Menindaklanjuti surat klub Persija No. 280/PERSIJA/LIGA-1/IV-2018 perihal Permohonan Penundaan Jadwal Pertandingan Perseru – Persija di Go-jek Liga 1 tahun 2018 terkait keikutsertaan Persija di AFC Cup 2018 tertanggal 27 April 2018, bersama dengan ini disampaikan status jadwal pertandingan Go-Jek Liga 1 2018 antara Perseru vs Persija Jakarta yang semula dijadwalkan pada tanggal 6 Mei 2018 berubah menjadi tanggal 3 Juli 2018,” bunyi surat tersebut

“Agar klub Perseru sebagai tuan rumah melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar pertandingan dapat berjalan dengan aman, nyaman dan tertib,” tambah kelanjutan surat itu.

Terkait hal ini, tentunya keputusan disambut positif oleh pelatih Stefano Cugurra Teco. Menurut Teco sudah sepatutnya jadwal ini dirubah karena bertentangan dengan regulasi di AFC.

Ismed Sofyan dkk  akan menjalani dua leg pada semifinal Piala AFC 2018 zona Asia Tenggara kontra wakil Singapura, Home United. Persija lebih dulu melawat ke Jalan Besar Stadium, 8 Mei 2018. Baru seminggu kemudian balik menjamu Home United di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

“Karena peraturan AFC  mewajibkan tim yang bertanding datang dua hari sebelum pertandingan dimulai, maka laga melawan Perseru tidak memungkinkan dilangsungkan mengingat Persija Jakarta juga harus ke Singapura,” ujar Teco yang dikutip dari situs resmi klub.

Terlebih perjalanan dari Serui menuju Singapura tidak bisa ditempuh ditanggal yang sama dengan hari pertandingan, tidak memungkinkan Persija hadir di Singapura tanggal 6 Mei, jika bertandang ke Serui lebih dahulu.

“Dengan keputusan ini tim juga bisa fokus di AFC juga karena membawa nama Indonesia ke ajang internasional. Sementara untuk berkomentar jadwal baru kita fokus dahulu laga terdekat melawan Home United,” tambahnya.

Kapten Persija Jakarta, Ismed Sofyan menyambut baik keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait penundaan untuk partai tandang mereka ke Perseru Serui.

“Alhamdulilah jadwal bisa diundur. Kini kami bisa fokus melawan Home United,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here