Kebersamaan Suporter Persebaya dan Persija di Malioboro Ternoda Ulah “Oknum Liar”

0
Anggota suporter Persebaya saat berpose dengan latar belakang Jalan Malioboro. Foto : Nofik Lukman Hakim

Batalnya pertandingan Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu (3/7/2018) malam, membuat suporter kedua tim pilih jalan-jalan di Yogyakarta. Malioboro menjadi salah satu destinasi favorit kedua kelompok suporter.

Dari pengamatan KAMPIUN.ID di Malioboro, anggota suporter Persebaya dan Persija masih menggunakan atribut lengkap. Dengan membentangkan syal, mereka bergantian berfoto dengan latar belakang tulisan Jalan Malioboro.

Sesekali para pendukung kedua tim saling bertegur sapa. Mereka berbagi cerita tentang kondisi di Stadion Sultan Agung. Dari pukul 20.00 hingga 22.00 WIB, sama sekali tak terlihat adanya gesekan atau pun perselisihan.

Kepada KAMPIUN.ID, salah satu anggota suporter Persebaya, Adianto (22) asal Surabaya mengaku kecewa laga batal digelar. Ia yang berangkat menggunakan kendaraan roda empat bersama rekan-rekannya sudah menantikan laga klasik di persepakbolaan Indonesia ini.

“Kalau langsung pulang ke Surabaya kan rugi, karena sudah jauh-jauh sampai sini. Ya sudah akhirnya jalan-jalan ke Malioboro,” terangnya, Minggu (3/6/2018).

Sayangnya, kemesraan suporter Persebaya dan Persija terganggu oleh oknum berbaju Bonek dan Persebaya. Kelompok liar yang datang belakangan ini membuat ulah yang mengganggu pedagang di Malioboro.

“Dari tadi tenang-tenang saja, tiba-tiba mereka datang buat ulah. Ada orang lewat dipukul. Ya pasti masyarakat di Malioboro marah. Akhirnya gantian dikejar,” tutur salah seorang warga yang ditemui KAMPIUN.ID di depan Mal Malioboro.

Pihak kepolisian bersenjata lengkap bersama anggota Jogoboro saat mengeluarkan oknum liar yang berada di salah satu toko Jalan Malioboro. Foto : Nofik Lukman Hakim

Selain membuat ulah, para kelompok liar itu juga bersitegang dengan sekelompok suporter Persija yang nongkrong di depan Mal Malioboro.

Dari pengamatan KAMPIUN.ID, Ada empat kelompok liar yang diamankan pihak kepolisian. Satu orang diantaranya bahkan ada yang masuk ke dalam toko. Kemudian datang anggota kepolisian bersenjata lengkap yang membawanya.

“Mereka tadi ada yang ribut dengan suporter Persija,” singkat salah satu anggota tim khusus penjaga Malioboro, Jogoboro.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here