Metode Ini Digunakan Timnas U-19 untuk Pelajari Kekuatan Lawan

0
Skuad Timnas Indonesia U-19 saat berlatih di Lapangan UNY, Depok, Sleman, Rabu (20/6/2018) pagi. Foto : Richie Setiawan

Timnas Indonesia U-19 bukan saja fokus pada persiapan internal. Skuad besutan Indra Sjafri juga sudah mempelajari peta kekuatan calon lawannya pada ajang AFF U-18 Youth Championship 2018.

Indonesia akan tergabung di grup A bersama Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura dan Laos. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan akan mengawali turnamen ini dengan menghadapi Laos pada 1 Juli di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Bukan pekerjaan mudah untuk mengulang sukses saat menjadi juara pada 2013 lalu. Apalagi untuk lolos ke babak semifinal, Indonesia harus bersaing dengan Thailand dan Vietnam yang tergolong menonjol saat usia muda. Belum lagi potensi kejutan yang bisa dihadirkan Filipina, Singapura dan Laos.

Tentu membenahi kekuatan sendiri sangat penting. Namun tak kalah penting ialah mempelajari kekuatan lawan. Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri mengatakan saat ini pihaknya sudah mulai mempelajari kekuatan lawan.

“Kita sudah mulai kumpulkan video-video pertandingan calon lawan kita. Mulai dari Laos, utamanya tim di grup kita,” terang Indra Sjafri usai memimpin latihan di Lapangan UNY, Depok, Sleman, Rabu (20/6/2018) pagi.

Skuad Timnas Indonesia U-19 saat berlatih di Lapangan UNY, Depok, Sleman, Rabu (20/6/2018) pagi. Foto : Richie Setiawan

Mempelajari permainan lawan lewat rekaman pertandingan paling realistis dilakukan Timnas U-19. Tak ada waktu lagi untuk mengintip kekuatan calon lawan, saat mereka mengagendakan uji coba.

Timnas U-19 akan bertolak ke Sidoarjo pada 29 Juni mendatang, atau dua hari setelah melakoni uji coba melawan tim lokal. “Lawan belum tahu. Saat ini sedang diatur PSSI,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here