Palembang Jadi Tuan rumah Piala AFF Women 2018

0
Timnas Wanita Indonesia. Foto: PSSI

Kota Palembang, Sumatera Selatan dipastikan akan menjadi tuan rumah Piala AFF Women 2018 akhir Juni nanti.

Ini bukan kali pertama Palembang menggelar kompetisi sepakbola wanita. Bulan Desember 2017 lalu kota ini menjadi tuan rumah Piala Pertiwi dan berlanjut AFF U-16 Girls Championship pada bulan Mei 2018.

Belum lama ini Palembang sukses menyelenggarakan laga persahabatan internasional antara Timnas Wanita Indonesia kontra Thailand.

Pertandingan kala itu memiliki kesan, terutama bagi sepak bola wanita Indonesia, apalagi Garuda Pertiwi sempat vakum selama 3 tahun.

Kota Palembang bisa dibilang sebagai kota tempat bangkitnya sepak bola wanita, karena di sinilah banyak event sepak bola wanita digelar.

“Saya punya kesan mendalam jika datang ke kota Palembang. Kota ini benar-benar menjadi kota yang penting untuk sepak bola wanita karena semua berawal dari sini,” ujar Papat Yunisal, mantan pesepakbola wanita Indonesia yang kini bergelut di Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia yang dilansir dari situs resmi Liga Indonesia.

“Palembang jadi kota yang tidak asing lagi, stadion di sini punya standar dan sering dijadikan venue untuk liga profesional. Tahun lalu 12 provinsi mengirimkan tim sepakbola wanita untuk ikut Piala Pertiwi. Senang rasanya bisa melihat beberapa provinsi masih memperhatikan sepak bola wanita,” lanjut Papat yang juga menjadi anggota eksekutif PSSI ini.

Papat menambahkan, selain infrastruktur menyangkut sepak bola, kualitas tim juga membanggakan.

“Kemarin saat Piala Pertiwi, Tim perwakilan Sumatera Selatan masuk 8 besar, ada yang masuk skuat Timnas Wanita juga. Ini menjadi pertanda positif bahwa pemain terus dipantau dan dibina,” ujar Papat.

“Mohon doanya bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu mendukung Timnas Wanita. Palembang kali ini akan kedatangan tim-tim kuat, untuk itu mari kita berikan dukungan terbaik agar Timnas tampil maksimal selama berkompetisi di sini” tutupnya

Sementara pemain bertahan Timnas Wanita, Shafira Ika mengatakan, Palembang memang melekat di ingatannya sebagai kota yang identik dengan sepak bola wanita.

“Senang dan bangga. Berkali-kali datang ke Palembang untuk bermain sepak bola dan membawa nama negara, rasanya luar biasa,” ungkap pemain yang akrab di sapa Ika ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here