Pelatih PSS Sleman Jagokan Dua Negara Ini di Piala Dunia Rusia

0
Seto Nurdiantara saat ikut dalam game bersama para pemain. Foto : Nofik Lukman Hakim

Spanyol dan Jerman menjadi jagoan pelatih PSS Sleman Seto Nurdiantara pada ajang Piala Dunia Rusia. Dua negara ini memiliki kolektivitas permainan yang sesuai karakter tim Elang Jawa.

Spanyol dan Jerman memiliki tradisi kuat pada ajang empat tahunan ini. Kedua tim ini memiliki skuad juara yang tampil apik bersama timnya. Spanyol banyak mengandalkan pemain dari Real Madrid dan Barcelona. Sementara Jerman dari Bayern Munchen dan beberapa tim Bundes Liga.

Seto Nurdiantara mengatakan kedua negara ini memang jadi favoritnya sejak lama. Menurutnya, baik Jerman maupun Spanyol tidak mengandalkan satu individu saja. Melainkan kolektivitas tim.

“Terus terang saya kurang suka tim yang bergantung satu orang saja. Seperti Messi di Argentina atau Ronaldo di Portugal. Jerman dan Spanyol kualitas pemain bagus. Tapi lebih mengandalkan kolektivitas tim,” terang Seto saat berbincang dengan KAMPIUN.ID di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (1/6/2018) sore.

Pada empat tahun lalu, prestasi Spanyol jeblok. Mereka hanya menghuni peringkat ketiga fase grup. Padahal mereka datang sebagai juara bertahan.

Sementara Jerman berstatus juara bertahan. Empat tahun lalu, mereka mengalahkan Argentina 1-0 di Estadio de Maracana, Rio de Janeiro lewat gol Mario Gotze menit 113.

“Belgia juga bagus. Saat ini bisa dibilang Belgia punya tim emas. Banyak pemain Belgia yang bagus di timnya. Tapi untuk jadi juara saya kira cukup sulit. Mungkin masih jadi milik negara dengan tradisi kuat,” lanjut pengidola sepatu adidas ini.

Pada ajang nanti, Spanyol tergabung di grup B bersama Portugal, Maroko dan Iran. Sementara Jerman menghuni grup F bersama Meksiko, Swedia dan Korea Selatan. Piala Dunia 2018 akan dibuka pertandingan Rusia melawan Arab Saudi pada 14 Juni mendatang.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here