PPSM Magelang dan Dua Eks Liga 2 2017 Absen di Liga 3 2018

0
Laga PSIM Jogja melawan PPSM Magelang pada kompetisi Liga 2 2017 di Stadion Sultan Agung Bantul. Foto : Official PSIM Jogja

Akun instagram Info Liga 3 mengunggah sebuah surat dari PSSI soal adanya perubahan babak pendahuluan. Surat tertanggal 5 Juni ini menampilkan adanya perubahan grup karena ada tiga tim yang akan absen pada babak pendahuluan.

kompetisi ini sendiri direncanakan akan digelar pada 14 Juli mendatang. Para pesertanya adalah mereka yang musim lalu terdegradasi dari Liga 2 2017.

Ada yang menarik, dari surat bernomor 2533/AGB/310/VI-2018 yang ditandatangani oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha. Surat ini ternyata berisikan tiga poin penting jelang bergulirnya Liga 3 2018 Nasional Babak Pendahuluan 1.

PSSI memastikan babak ini akan jadi pintu mereka sebelum menuju babak nasional.

Direncanakan ada 40 klub yang akan jadi calon peserta kompetisi ini, sesuai dengan hasil pertemuan pembagian grup yang digelar 9 Maret 2018 lalu di Jakarta.

Bahkan surat ini juga merujuk pada surat edaran PSSI nomor 531/AGB/941/II-2018 tertanggal 7 Februari perihal Piala Indonesia 2018.

Salah satu poin dari surat terbaru ini adalah tiga klub eks-Liga 2 2017 sepertinya bakalan absen berkompetisi musim ini. Berikut poin dari surat terbaru kiriman PSSI.

  1. Klub yang tidak mengikuti Piala Indonesia, yaitu : Persih Tembilahan, PPSM Magelang dan Sragen United, hak untuk ikut serta pada Liga 3 di tahun 2018 dinyatakan dicabut
  2. Berkenaan dengan hal tersebut, atas menjaga fairness dan jumlah pertandingan pada masing-masing grup, perlu dilakukan re-grouping Liga 3 putaran nasional babak pendahuluan 1 dengan mempertimbangkan faktor geografis, dengan hasil sebagaimana terlampir
  3. Kick off Liga 3 Putaran nasonal babak pendahuluan 1 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2018, dengan jadwal Pertandingan lengkap akan disampaikan kepada klub peserta segera
Surat terkait Liga 3 Putaran Nasional Babak Pendahuluan 1. Foto: Instagram Info Liga 3

Bahkan dalam postingan lainnya di akun InfoLiga3, nama tiga klub inipun menghilang. Padahal dalam edisi sebelumnya, Persih Tembilahan masuk di grup 1 bersama 757 Kepri Jaya, PSBL Langsa, dan PS Timah Babel.

Sementara itu PPSM Magelang dan Sragen United malah ada di satu grup yang sama, yakni di Grup 4 bersama Persiba Bantul, Persipur Purwodadi, dan Persatu Tuban. Namun yang berkembang, nama keduanya dihilangkan, dan posisinya diganti oleh Persijap Jepara yang sebelumnya ada di grup 3.

Pada drawing pembagian grup Piala Indonesia 2018, PPSM dan Sragen United memang tak ikut serta. Sementara itu Persih Tembilahan tercatat masuk di zona 2 dan akan melawan Semen Padang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here