Dua Tim Jawa Tengah Targetkan Persib Bandung

0
Penyerang PSCS Cilacap, M Irvan berusaha melewati kawalan penggawa PSIP Pemalang dalam uji coba di Stadion Wijaya Kusuma Cilacap, 1 Juli lalu. Foto : Richie Setiawan

Cerita tentang kejutan tim kecil mengalahkan tim besar kerap terjadi di luar negeri. Apalagi dalam sebuah turnamen, dimana klub-klub dari berbagai kasta punya kesempatan saling bertemu.

Namun dalam ajang Piala Indonesia 2018, hasil akhir sesuai perhitungan di atas kertas. Hanya Lampung Sakti saja yang berstatus tim Liga 3 bisa mengalahkan Perserang Serang yang berkompetisi di Liga 2.

Sementara sisanya dilibas tim-tim besar. Bahkan Cilegon United yang terseok-seok di Liga 2 pun menang 6-1 atas SS Lampung FC. Lebih ngeri lagi catatan Bhayangkara FC yang melibas Persitangsel Tangerang Selatan 7-0.

Regulasi menjadi salah satu penyebabnya. Klub Liga 3 musim ini hanya boleh mengontrak tiga pemain lokal senior dan pemain dibawah 23 tahun. Lalu tim Liga 2 bermaterikan pemain lokal. Sementara tim Liga 1 boleh memainkan empat pemain asingnya dan pemain lokal tanpa batas usia.

Target realistis pun kemudian dicanangkan tim-tim Liga 3 dan Liga 2. Mereka tak berpikir untuk lolos dari zonanya. Yang penting, mereka bisa punya kesempatan bertanding melawan tim Liga 1.

Hal ini seperti ditargetkan dua tim dari Jawa Tengah, PSCS Cilacap dan Persibat Batang. Kedua tim ini berada di zona enam yang dihuni Persib Bandung, PSKC Cimahi, PSGC Ciamis, Persibangga Purbalingga, Maung Anom dan Persibas Banyumas.

“Kita realistis saja. Sulit untuk bersaing dengan Persib. Kalau kita bisa kalahkan Maung Anom dan kemudian jumpa Persib, tentu ini jadi kebanggan tersendiri. Persib akan main di Batang. Ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat dan suporter. Pemain-pemain muda saya juga bisa belajar dari pemain senior Persib,” terang Pelatih Persibat, Daniel Roekito kepada KAMPIUN.ID.

Hal sama pun diungkapkan Manajer PSCS Cilacap, Bambang Tujiatno. Dalam bagan undian Piala Indonesia, PSCS berpeluang jumpa Persib pada babak 32 besar.

Hiu Selatan akan lebih berjumpa Persibangga Purbalingga, Senin (16/7/2018). Kemudian bila menang, PSCS melawan pemenang laga Persibas melawan PSGC.

“Target Piala Indonesia bertemu Persib Bandung dan target di kompetisi bisa promosi ke Liga 2 lagi,” tutur Bambang Tujiatno.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here