Indra Sjafri: Saya Berharap Kembali Bertemu Thailand di Final

0
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri (kiri) saat berbincang dengan pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantara usai pertandingan di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (2/6/2018). Foto : Richie Setiawan

Kurang gregetnya lini serang Timnas Indonesia U-19 dan tebalnya benteng pertahanan Thailand, benar-benar membuat banyak suporter Indonesia harap-harap cemas.

Hal tersebut memang terjadi selama 90 menit pertandingan antara kedua tim di Stadion Gelora Sidoarjo (9/7/2018). Indonesia menyerah dengan skor tipis 1-2, pada laga terakhir penyisihan Grup A, Piala AFF U-19 2018.

Dua gol dari Thailand dicetak oleh Nattawut Chootiwat menit ke-41 dan Matee Sarakum menit ke-50. Sedangkan gol tunggal Indonesia dicetak oleh Rifad Marasabessy pada menit ke-84.

Hasil ini membuat Thailand sebagai juara Grup A dengan mengemas 13 poin. Sedangkan Indonesia berada di peringkat kedua Grup A dengan raihan 12 poin. Lawan Thailand dan Indonesia di laga semifinal akan ditentukan pada laga terakhir Grup B yang akan diselenggarakan serentak hari ini (10/7/2018).

Dua gol Thailand sendiri memang tercipta dengan proses yang sedikit sulit diantisipasi.

Pada menit ke-41, Nattawut Chootiwat berhasil membawa Thailand unggul 1-0 lewat tendangan jarak jauh. Sepakannya ke sudut kanan gawang gagal dihentikan Aqil.

Proses gol kedua Thailand juga karena kegagalan lini pertahanan Indonesia untuk mencover pemain kunci lawan.

Melalui serangan sisi sayap kanan, Nakin Wisetchat, pemain bernomor punggung 2 ini berhasil mengirimkan umpan mendatar ke Matee Sarakum yang berdiri bebas tanpa penjagaan di kotak penalti Indonesia. Tanpa kesulitan yang berarti ia mencetak gol dengan kali kanannya. Skor 2-0 dan Thailand menjauh pada menit ke-50.

Menyisakan 15 menit jelang babak kedua berakhir, Indonesia terus melancarkan serangan akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan. Adalah Rifad Marasabessy yang mencetak gol usai memanfaatkan bola hasil sepakan Todd Rivaldo Ferre pada menit ke-84. Skor 1-2 untuk keunggulan Thailand, jadi hasil akhir di laga ini.

Usai laga pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri mengatakan bahwa anak asuhnya kalau sudah lolos ke babak semifinal merasa nyaman.

“Kami memang perlu drama yang berbeda di setiap pertandingan. Ini menjadi pengalaman yang berbeda bagi kita. Laga berjalan seru sebenarnya, tetapi pada babak pertama para pemain kurang fokus dan banyak kesalahan individu,” kata Indra Sjafri.

“Lalu di babak kedua saya pikir kami lebih baik, tetapi sayangnya kenapa tidak dari awal kami terapkan permainan seperti babak kedua. Jadi kalau saja kami bermain menekan mereka, mungkin hasilnya akan berbeda. Ya mudah-mudahan ada kesempatan lagi ketemu Thailand, dan tentunya itu di partai final,” harap pelatih berusia 55 tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here