Jegal Vietnam 1-0, Timnas U-19 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19

0
Para pemain Timnas Indonesia U-19 melakukan selebrasi gol. Foto: Official PSSI

Tim Nasional Indonesia memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2018. Kepastian ini usai Timnas U-19 mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (7/7) malam.

Gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak oleh Muhammad Rafli Mursalim pada menit ke-81. Dengan hasil ini hasil apapun melawan Thailand pada Senin (9/7) mendatang tidak mempengaruhi anak asuh Indra Sjafri untuk melaju ke fase empat besar.

Pada awal laga, permainan berjalan sengit, ketat, dan keras. Kedua tim sama-sama memeragakan permainan terbuka dan saling menekan di sepertiga lapangan. Bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah sehingga tak ada tembakan ke gawang hingga menit ke-15.

Peluang pertama pada pertandingan ini dihasilkan winger Indonesia, Witan Sulaeman pada menit ke-16. Setelah menerima umpan dari Rafi Syarahil, Witan sempat menggocek bola sebelum melepaskan tendangan kaki kiri ke gawang Vietnam. Sayang sepakannya melambung dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Kesempatan untuk Vietnam baru muncul pada menit ke-28 melalui Nguyen Huu Thang. Sang pemain memasuki kotak penalti Indonesia setelah menerima umpan terobosan dari rekannya. Beruntung kiper M Riyandi bermain sangat apik. Ia keluar dari sarangnya untuk menggagalkan kesempatan Vietnam.

Le Van Nam mencoba peruntungan dari tendangan spekulasi pada menit ke-33. Sepakannya membawa bola melambung ke arah gawang Indonesia. Tetapi Riyandi berhasil menepis dan membuang bola itu. Percobaan juga dilakukan Le Van Xuan menit ke-42. Namun sepakannya melenceng ke kanan gawang. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di paruh kedua, Indonesia meningkatkan daya serangnya. Indra Sjafri menurunkan gelandang enerjik Todd Rivaldo Ferre yang menggantikan Lutfi Kamal pada menit ke-48.

Peluang pertama di babak kedua datang dari tembakan first time Syahrian Abimanyu. Sayangnya bola masih menjauh dari mulut gawang.

Tak lama kemudian, Indonesia harus kehilangan Feby Eka Putera. Gelandang Bali United tersebut digantikan striker Rafli Mursalim pada menit ke-65. Penyerang Mitra Kukar tersebut dipasang sebagai winger. Sementara peran ujung tombak utama masih menjadi milik Hanis Saghara Putra.

Pertandingan ini benar-benar ketat. Walaupun minim peluang, karakter ngotot yang ditampilkan kedua tim membuat penonton sangat terhibur. Satu-satunya yang dibutuhkan kedua tim adalah memecah kebuntuhan. Sosok tersebut tak kunjung muncul hingga paruh kedua memasuki menit 75.

Setelah menunggu sekian lama, Rafli Mursalim akhirnya menjadi pemecah kebuntuan Indonesia melalui golnya pada menit ke-81. Ada peran Todd Ferre dalam gol itu. Berawal dari sepakan Todd yang membentur mistar gawang, bola muntah langsung disambar oleh Rafli. Striker asal Tangerang tersebut sukses menaklukkan kiper Vietnam, Ye Li Nie.

Tim lawan hampir mencetak gol penyeimbang pada menit ke-86. Tapi sundulan Le Van Nam belum tepat sasaran. Usaha Vietnam tak putus sampai di situ. Mereka terus menggebrak lini belakang Indonesia. Namun tak ada perubahan skor hingga laga selesai. Indonesia menang 1-0 dan lolos ke semi final Piala AFF U-19 2018.

Usai laga pelatih Indonesia, Indra Sjafri mengatakan bahwa anak-anak bermain pantang menyerah demi mencetak gol di laga ini. Ia pun menyatakan Vietnam berani memberikan perlawanan sengit terhadap permainan kami.

“Hasil ini sangat penting untuk kami. Sekarang semua pemain bisa tidur dengan nyenyak. Kami memetik pelajaran baru, pemain tidak boleh pantang menyerah untuk terus mencetak gol,” kata Indra usai laga.

Atas hasil ini, Indonesia berhasil menjadi pemuncak grup sementara dengan raihan 12 poin hasil empat kemenangan tanpa tersentuh kekalahan. Sementara Vietnam, di sisi lain, harus puas di peringkat ketiga dengan poin tujuh hasil dua kemenangan, satu kali imbang, dan satu kali menelan kekalahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here