Pembuat Anthem Persis Solo: Bangga Lagu Mengenang Sahabat, Booming di Dunia Persuporteran

0
Anggota band The Working Class Symphony. Foto: Official TWCS

Seluruh klub besar di dunia punya lagu anthem-nya masing-masing. Seperti Liverpool dengan You’ll Never Walk Alone hingga Juventus yang punya lagu anthem berjudul Storia Di Un Grande Amore.

Di Solo, ada lagu Satu Jiwa, yang dikenal dengan anthem suporter Persis Solo. Setiap laga dimulai maupun berakhir lagu ini selalu dinyanyikan secara serentak oleh ribuan Pasoepati dan Surakartans.

Di dunia persuporteran, khususnya bagi suporter di luar pendukung Persis, sepertinya sudah cukup hapal lirik lagunya.

Lagu berlirik tentang arti persahabatan tersebut, memang mengadung banyak makna. Pemilik lagu ini sendiri adalah band asal Solo, yakni The Working Class Symphony (TWCS).

Ada banyak hal menarik mengenai band ini, termasuk album mereka yang sempat dijual hingga ke Jerman. Tak hanya itu saja pelatih hingga pemain Timnas U19 yakni Indra Sjafri dan Egy Maulana Vikri ternyata cukup hapal lagu ini.

Berikut petikan wawancara dengan vokalis TWCS, Zoel:

KAMPIUN.ID: Bagaimana perasaannya lagu Satu Jiwa milik TWCS akhirnya rutin bisa dinyanyikan suporter Persis Solo, sebagai lagu wajib di tiap pertandingan?

TWCS: Jelas senang. Secara pribadi saya bangga pastinya. Tak menyangka ternyata sambutannya begitu besar, banyak sekali yang hapal lagu kami.

KAMPIUN.ID: Lagu ini dinyanyikan oleh suporter Persis Solo, bahkan banyak suporter di luar Solo yang juga cukup mengkhapalnya. Sesekali mereka juga menyanyikannya di dalam stadion?

TWCS: Tak masalah soal itu, kami malah bangga bisa ikut menyumbangkan  sesuatu di dunia sepak bola. Salah satunya tentu dari karya musik yang kami buat ini.

KAMPIUN.ID: Kalau lagu ini sendiri awalnya tercipta karena apa?

TWCS: Seperti lirik yang terkandung di dalamnya, jadi memang ini tentang arti sebuah persahabatan. Cerita awalnya memang karena kisah persahabatan saya dan beberapa teman saya dari tahun 1990an sampai 2010 di sekitar Sriwedari. Banyak momen yang terjadi. Banyak teman nongkrong yang hilang, alasannya karena pekerjaan, hingga keluarga. Jadi lagu ini tercipta karena kekangenan saya kepada momen nongkrong bersama teman-teman lama tersebut.

KAMPIUN.ID: Kalau untuk project band TWCS sendiri saat ini apa?

TWCS: Saat ini masih sibuk dengan beberapa perform di beberapa lokasi. Yang pasti saat ini kami tengah mengejar beberapa materi lagu buat album baru kami. Rencananya semoga tahun depan di bulan April bisa teralisasi untuk perilisannya. kemarin harus ganti personel, jadi ada kendala di proses pembuatan materi albumnya.

KAMPIUN.ID: Isi albumnya tentang apa?

TWCS: Untuk lagu tentu isinya dari berbagai macam topik. Selain soal keseharian dan persahabatan, rencananya ada lagu bertemakan sepakbola juga.

KAMPIUN.ID: Oke terima kasih untuk waktunya, semoga semakin sukses kedepannya?

TWCS: Ok siap, terima kasih juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here