Ini Kata Edy Rahmayadi dan Fakhri Husaini Soal Prestasi Timnas U-16

0
Suka cita awak tim Timnas Indonesia U-16 saat mengangkat gelar Piala AFF U-16 2018 di Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018). Foto : Official PSSI

Timnas Indonesia U-16 mencatatkan prestasi membanggakan. Skuad besutan Fakhri Husaini sukses merebut gelar Piala AFF U-16 2018, setelah mengalahkan Thailand lewat drama adu penalti dalam pertandingan di Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam.

Indonesia bisa mencuri gol terlebih dahulu lewat sepakan Muhammad Fajar Fathur Rachman pada menit ke-33. Indonesia menguasai jalannya pertandingan sepanjang babak pertama.

Namun pada babak kedua, Thailand berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Apidet Janngam menit ke-72. Pertandingan waktu normal harus berakhir dengan kedudukan 1-1 dan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Empat penendang penalti Indonesia, Sutan Zico, Amiruddin Bagus, Rendy Juliansyah, dan David Maulana berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan. Sementara Thailand hanya mampu menyarangkan tiga bola, dua lainnya dapat ditepis oleh kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi.

Keberhasilan ini memiliki makna ganda bagi Timnas U-16. Tentu saja gelar juara ini menjadi kado HUT ke-73 Republik Indonesia. Selain itu, gelar ini menjadi bekal menatap perarungan Piala AFC U-16 2018 yang berlangsung di Malaysia pada bulan depan.

“Selamat kepada pemain dan tim pelatih. Hasil ini tentu sangat membanggakan. Namun, jangan cepat puas karena perjuangan pemain masih panjang. Semoga ini bisa memotivasi semua atlet Indonesia,” kata Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi dalam laman resmi PSSI.

Fakhri Husaini sebagai pelatih pun tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Dia mengatakan seluruh awak tim berkontribusi atas capaian membanggakan ini.

“Syukur Alhamdulillah, kemenangan ini atas izin Allah SWT. Saya bangga kepada semua pemain. Bukan hanya penendang penalti atau kiper saja. Semua ikut andil dalam kemenangan ini. Ini karena persiapan latihan kami yang berlatih tendangan penalti. Sehingga itu menjadi salah satu bekal menang kami malam ini,” ucapnya.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here