Antisipasi Permainan Lugas PSBS Biak, Ini Kata Pelatih PSS Sleman

0
Cristian Gonzales menjadi andalan PSS Sleman dalam menjebol gawang lawan-lawannya di Liga 2 2018. Foto : Nofik Lukman Hakim

PSS Sleman akan menjamu PSBS Biak dalam laga pekan ke-15 Liga 2 2018 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (10/9/2018) pukul 18.30 WIB. Sebagai tuan rumah, tim Elang Jawa tentu saja bertekad mengamankan poin penuh.

Ada tiga pemain yang dipastikan absen karena masih tahap penyembuhan cedera. Ketiganya adalah Adi Nugroho, Dave Mustaine dan Slamet Budiyono.

Namun, PSS Sleman juga bisa bernapas lega dengan kembali pulihnya Jodi Kustiawan. Kembalinya pemain asal Ngawi itu bisa jadi variasi pilihan pendamping Arie Sandy. Saat mengalahkan Persegres Gresik, Selasa (4/9/2018) lalu, Arie dipasangkan dengan Rian Miziar.

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro mengatakan, dari hasil evaluasi laga lawan Persegres, tim pelatih berpeluang melakukan perubahan starting eleven. Dibawanya Ilhamul Irhas ke sesi jumpa pers juga menjadi penanda eks Persiba Balikpapan berpeluang main dari menit pertama.

“Tim secara keseluruhan sudah siap melawan PSBS Biak. Saya berharap para pemain tampil lebih lepas, lebih agresif dan lebih kreatif,” terang Seto, Minggu (9/9/2018) pagi.

Seto mewaspadai kebangkitan PSBS Biak pada putaran kedua. Masuknya pelatih asal Medan, Slamet Riyadi terbukti ampuh meningkatkan kualitas PSBS. Bahkan PSIM yang dikenal kuat di kandang sendiri berhasil mereka imbangi.

“Biak bisa menahan PSIM, sementara kami kalah dengan PSIM. Di putaran kedua ini semua tim ingin lebih baik. Saya pikir PSBS sudah memperbaiki. Pergantian pelatih membuat tim ini ada sesuatu yang baru. Ada pemain baru juga, kita harus waspada. Tapi sebagai tuan rumah kita ingin memenangkan pertandingan,” jelas Seto.

PSBS dikenal sebagai tim yang bermain lugas. Para pemain bukan hanya melakukan penjagaan ketat di areanya. Bahkan dari sektor tengah, para pemain tanpa kenal lelah mengejar penguasaan bola lawan.

Seto meyakini karakter ini akan diterapkan PSBS. Untuk itu, antisipasi sudah disiapkannya dalam sesi latihan. Dia berharap para pemain bisa menjalankan intruksi dengan baik.

“Mereka akan compact defense, dengan ciri khas bermain lugas. Tapi ada juga beberapa kelemahan. Pemain harus main lebih simpel, aliran bola cepat. Mudah-mudahan pemain bisa memahami apa yang saya inginkan. Semoga kita bisa mengatasi permainan lugas lawan,” pungkasnya.

PSS Sleman dalam 14 pertandingan sudah mengumpulkan 28 poin. Bila sukses mengamankan tiga poin, mereka berpeluang menduduki puncak klasemen yang dikuasai Madura FC.

Sang rival yang sama-sama mengoleksi 28 poin akan menjalani laga berat melawan Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe Palangkaraya, Senin (10/9/2018) pukul 15.00 WIB.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here