Lapangan Plumbon Tawangmangu Digunakan untuk Venue Porprov Jateng

0
tim Persis Solo saat mengikuti Plumbon Cup di Lapangan Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, 2015 silam. Foto: Nofik Lukman.

Sebuah ajang multievent Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018 akan digelar di Kota Solo pada 19-25 Oktober mendatang.

Ada puluhan cabang olahraga yang akan digelar di beberapa venue olahraga di Kota Solo dan kabupetan tetangga seperti Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Boyolali, Klaten, hingga Wonogiri.

Sepakbola tentu jadi salah satu cabang olahraga utama yang akan digelar. Banyak alumnus Porprov yang kini jadi pemain profesional. Seperti Chandra Waskito (Persita Tangerang), Akbar Riansyah (PSIS Semarang) hingga Dedi Cahyono yang kini bermain untuk Persis Solo, sempat terjun di ajang Porprov 2013 di Banyumas.

Pihak KONI Kota Solo ternyata akan menggunakan empat lapangan untuk jadi tuan rumah babak penyisihannya. Mulai dari Stadion Trikoyo Klaten, Stadion Taruna Sragen, Stadion Gelora Merdeka Sukoharjo dan lapangan Plumbon Karanganyar.

Nama terakhir yang sepertinya mengejutkan, karena lokasi ini berada di sebuah desa yang dikelilingi oleh lahan persawahan dengan panorama gunung Lawu yang cukup eksotik.

Nama Lapangan Plumbon sempat mencuat di tahun 2015 saat karangtaruna dan masyarakat sekitar memberanikan diri untuk membuat sebuah kejuaraan tarkam, dengan mengundang klub profesional. Mulai dari Persis Solo, Persiku Kudus, Persiba Bantul, Madiun Putra hingga PSBK Blitar.

Kapasitas lapangan yang hanya bisa menampung 1000 orang, saat Persis Solo bertanding yang datang bisa mencapai 8000 orang.

Beberapa tim Liga 1 seperti Bali United juga sempat dikabarkan mau menggunakan lapangan ini sebagai lokasi TC mereka, walaupun belakangan hal tersebut gagal terjadi.

”Kami sengaja memilih lapangan plumbon karena kualitas lapangannya cukup bagus, sudah teruji dengan rutin menggelar kejuaraan lokal yang dihadiri pemain nasional,” terang Sekjen PSSI Surakarta, Sapto Joko Purwadi.

“Kontingen sepakbola Solo sendiri akan memilih bermain di Stadion Trikoyo, dan kami belum tahu siapa saja nanti lawannya karena belum ada kosokan pembagian grupnya. Yang pasti babak semifinal dan final Porprov akan digelar di Sriwedari, karena Manahan tak bisa digunakan karena tengah direvitalisasi,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here