Timnas U-19 Sukses Kalahkan Persibara 2-1

0
Pergerakan winger Timnas U-19, Aulia Hidayat dikawal ketat barisan belakang Persibara Banjarnegara dalam laga uji coba di Stadion UNY, Depok, Sleman, Sabtu (8/9/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

Timnas Indonesia U-19 sukses mengalahkan Persibara Banjarnegara 2-1 dalam laga uji coba di Stadion UNY, Depok, Sleman, Sabtu (8/9/2018) sore. Dua gol Garuda Nusantara dicetak Todd Rivaldo Ferre dan Aji Kusuma.

Dua tim berbeda diturunkan pelatih Indra Sjafri. Pada paruh pertama, Timnas U-19 menurunkan M Riyandi, Kadek Raditya, Juliano Pratama, Noer Fadil, David Rumakiek, Rifad Marasabessy, Indra Mustafa, Resky Fandi, Muhammad Rafi, Aji Kusuma dan Aulia Hidayat.

M Rafi menjadi motor serangan Garuda Nusantara. Berulangkali umpan terobosan ditujukan ke Aji Kusuma maupun Rifad yang bergerak dari sektor kanan. Gol akhirnya tercipta lewat kaki Aji Kusuma pada tengah babak pertama.

Gol itu diawali pergerakan apik Aulia Hidayat dari sektor kanan. Aulia yang tinggal berhadapan dengan kiper Persibara, Suchaimin, pilih menyodorkan umpan ke sisi kiri. Aji yang berdiri bebas dengan mudah mencocor bola. Keunggulan satu gol bertahan hingga jeda.

Pada paruh kedua, Indra Sjafri melakukan rotasi. Langganan Timnas U-19 seperti Aqil Savik, Witan Sulaeman, M Rafli Mursalin, Luthfi Kamal, Saddil Ramdani, Samuel Christianson, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo hingga Asnawi Mangkualam dimasukkan.

Dominasi serangan benar-benar dikuasai Timnas U-19. Mereka tak hanya menyerang dari sisi kanan yang dimotori Saddil. Namun juga lewat sisi kiri yang dihuni Witan maupun akselerasi Samuel.

Gol kedua pun kemudian lahir dari kaki Todd Ferre. Dia lebih dulu melewati kiper Persibara sebelum mengarahkan bola ke gawang yang sudah kosong.

Keunggulan dua gol membuat gelombang serangan terus berdatangan. Hanya saja, Timnas U-19 berulangkali kurang maksimal dalam penyelesaian akhir. Timnas U-19 kemudian memasukkan lagi Juliano Pratama, menggantikan Rifad. Juliano yang biasanya jadi stoper dipasang sebagai penyerang.

Masuknya Juliano tak menambah tajam lini depan. Justru Persibara kemudian memperkecil ketinggalan lewat akselerasi Faid Ongge. Tendangan keras dari sisi kanan tak mampu diantisipasi Aqil Savik. Kedudukan 2-1 bertahan hingga wasit Fariq Hitaba meniup peluit akhir tanda laga usai.

Meski Timnas U-19 sudah unggul, laga ini tetap dilanjutkan dengan adu tendangan penalti. Timnas U-19 unggul 3-2 setelah sepakan tiga penendangannya menjalankan tugas dengan baik. Dua penendang yang gagal menceploskan bola, di antaranya M Luthfi Kamal dan Kadek Raditya Maheswara.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here