Persiapan Persiraja Jelang Laga Hidup Mati Lawan Persik Kendal

0
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Akhyar Ilyas. Foto : Richie Setiawan

Partai hidup-mati akan dijalani Persiraja Banda Aceh di Stadion Utama Kebondalem, Kendal, Senin (15/10/2018) sore. Skuad besutan Akhyar Ilyas harus meraih kemenangan atas Persik Kendal jika ingin lolos ke babak 8 besar Liga 2 2018.

Tambahan tiga poin dibutuhkan untuk melenggang ke fase kedua. Saat ini Vivi Asrizal dan kawan-kawan mengoleksi 32 poin. Mereka menduduki peringkat empat, dibawah Semen Padang dengan koleksi 36 poin, Persis Solo 35 poin dan Persita 34 poin.

Kemenangan akan memastikan langkah Persiraja ke babak 8 besar. Dengan koleksi 35 poin dan keunggulan head to head atas Persis Solo dan Aceh United, posisi Persiraja di empat besar tak akan bisa tergusur.

Pentingnya laga itu membuat Persiraja melakukan persiapan serius. Rombongan tim sudah bertolak ke Kendal pada Jumat (12/10/2018). Mereka punya waktu dua hari untuk adaptasi dengan panasnya cuaca di Kendal.

Pelatih Persiraja, Akhyar Ilyas mengatakan timnya sangat bersemangat menatap laga pamungkas fase grup. Meski tak pernah menang dalam sepuluh partai sebelumnya, Akhyar tetap optimis timnya bisa meraih kemenangan.

“Para pemain menunjukkan keinginan untuk tampil di 8 besar. Tentu saja kami akan berusaha memenangkan pertandingan, karena itu satu-satunya jalan ke 8 besar,” terang Akhyar kepada KAMPIUN.ID, Kamis (11/10/2018) siang.

Persiraja diuntungkan dengan menurunnya motivasi dan semangat bertanding Persik Kendal. Hal itu dipengaruhi status Persik Kendal yang sudah pasti terdegradasi ke Liga 3 2019. Akhyar pun berharap keadaan itu bisa dimanfaatkan para pemain untuk tampil menyerang.

“Motivasi tim yang habis terdegradasi biasanya akan menurun. Kita akan coba manfaatkan itu. Para pemain juga harus fokus dalam bermain. Bisa bermain menyerang seperti saat main di kandang,” tuturnya.

Ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi pada partai terakhir ini. Persiraja merupakan satu-satunya tim papan atas yang belum pernah meraih poin penuh di kandang lawan. Dari sepuluh partai, Persiraja hanya tiga kali seri dan menelan tujuh kekalahan. Gawang Persiraja pun jebol 24 kali.

Namun ada catatan positif. Persiraja merupakan tim tertajam dalam partai tandang. Ada sebelas gol yang dicetak para penggawa Persiraja. Modal itu akan dimanfaatkan untuk meraih kemenangan di markas tim yang paling payah dalam mencetak gol di kandang sendiri. Total dari sepuluh partai kandang, Persik baru mencetak sepuluh gol dan kebobolan tujuh gol.

“Sebenarnya setiap laga away permainan kita tidak jelek. Kita bisa mencetak gol di setiap pertandingan. Hanya problemnya memang belum konsisten sepanjang pertandingan. Kita akan coba benahi itu,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here